Buka Sosialisasi Optimalisasi Penerimaan Pajak, Wawali Mor: Pajak Untuk Pembangunan Infrastruktur

Buka Sosialisasi Optimalisasi Penerimaan Pajak, Wawali Mor: Penting Untuk Pembangunan Infrastruktur
Buka Sosialisasi Optimalisasi Penerimaan Pajak, Wawali Mor: Penting Untuk Pembangunan Infrastruktur

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wakil Wali Kota Mor Bastiaan membuka kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah Dalam Rangka Peningkatan Kepatuhan Masyarakat Dalam Membayar Pajak yang digelar oleh Bapenda Kota Manado di Kecamatan Tikala, bertempat di aula Kantor DPD Sulut, Selasa (22/10/2019).

Pada kesempatan tersebut, Wawali Mor menjelaskan dana yang digunakan untuk pembangunan diberbagai sektor baik itu pendidikan, kesehatan sampai infrastruktur di Kota Manado bersumber dari penerimaan pajak daerah, dana pemerintah pusat dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Namun kata dia, sejak tahun 2016 bantuan dari pusat semakin menurun dikarenakan penghematan besar-besaran dari pemerintah pusat, padahal jumlah penduduk di Kota Manado terus meningkat.

“Karena itu, optimalisasi pajak daerah sangat perlu agar penerimaan dari sektor pajak bisa maksimal untuk membantu pembangunan di Kota Manado,”ujar Wawali Mor.

Ia pun mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Bapenda dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak

“Ini merupakan upaya yang baik untuk menyebarluaskan pengetahuan dan pemahaman tentang pajak daerah baik kepada masyarakat selaku wajib pajak maupun kepada aparartur pemerintah yang membidangi penerimaan pajak daerah agar penerimaan pajak dapat dilaksanakan dengan lebih optimal,”tukas Wakil Wali Kota, Mor Bastiaan.

Sementara Kepala Bapenda Kota Manado, Harke Tulenan menjelaskan ini adalah kegiatan sosialisasi kedua setelah sebelumnya digelar di Kecamatan Sario.

“Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini agar kepatuhan masyarakat dalam hal membayar pajak semakin meningkat, selain itu untuk meningkatkan penerimaan pendapatan daerah khususnya dari pajak daerah guna pembiayaan pemerintahan, pembangunan kemasyrakatan di Kota Manado,” kata Tulenan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala PN Manado, Lukman Bachmid, Kepala Kejari Manado, Maryono, Kapolresta Manado yang diwakili oleh Wakasat Reskrim Eddy Kurniady, Dandim 1309, Kolonel Arh Christian Noel Frederik Tanjong, anggota DPRD Kota Manado Jemmy Gosal, Camat Tikala, Argo Sangkay bersama para lurah dan kepala lingkungan.(ryan)

Add Comment