TPA Sumompo Bakal Ditutup, Ini Solusi GSVL Untuk Para Pemulung Sampah

Wali Kota G.S Vicky Lumentut
Wali Kota G.S Vicky Lumentut

MANADO, (manadototoday.co.id) – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo akan segera ditutup karena sudah tidak memungkinkan lagi dijadikan tempat menampung sampah. Efek dari penutupan TPA ini adalah para pemulung yang akan kehilangan lahan pekerjaan. Terkait hal tersebut, Wali Kota G.S Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan telah mendapatkan solusinya.

Wali kota mengatakan, di depan bekas TPA Sumompo nantinya akan dibangun Pasar Buha yang merupakan pindahan dari Pasar Tuminting. Para pemulung akan diperkerjakan di pasar tersebut.

“Para pemulung akan kita latih agar mereka bisa jualan di pasar atau menjadi pekerja di pasar. Nanti mereka akan menjadi salah satu prioritas yang menempati pasar baru ini. Pasar Tuminting nanti kita akan tutup, sementara Pasar Buha pengerjaannya sementara berjalan, tahun depan kita resmikan,”ujar Lumentut saat menghadiri Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 Kota Manado di Kelurahan Sumompo, Kecamatan Tuminting, Sabtu (19/10/2019).

Terkait penutupan TPA Sumompo, wali kota menerangkan sambil menunggu TPA Regional di Ilo-ilo Minahasa Utara, seluruh sampah di Kota Manado akan diselesaikan di kecamatan menggunakan alat incinerator (pembakar sampah), sementara sampah yang bisa dibuat kompos akan dibuat menjadi pupuk.

“Tahun ini kita akan kita siapkan lima alat ditempatkan di kecamatan yang memproduksi sampah paling banyak. Tahun depan sisanya enam alat kita datangkan. Saya harap masyarakat Kota Manado dapat program pemerintah ini,”tukas Wali Kota G.S Vicky Lumentut.(ryan)

Add Comment