Rita Tamuntuan Ajak Kader PKK se-Sulut Tingkatkan Peran Mengisi Pembangunan Secara Kreatif dan Inovatif

Jambore Provinsi Kader PKK Sulut Tahun 2019

Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Ibu. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, Ketua DWP Sulut Ivonne Silangen-Lombok, dan pengurus TP-PKK Kabupaten dan Kota se-Sulut, bersama Gubernur Olly Dondokambey yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang, pada Jambore Provinsi Kader PKK Sulut Tahun 2019.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ibu. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan mengajak kader PKK di seluruh kabupaten dan kota di Sulut, untuk meningkatkan peran mengisi pembangunan secara kreatif dan inovatif.

“Semoga dalam menjalankan tugas, kader PKK senantiasa dapat menggerakkan, mengembangkan, serta meningkatkan partisipasi atau peran dalam mengisi pembangunan secara kreatif dan inovatif, agar langkah gerakan kita tetap terarah sejalan dengan kebijakan pemerintah dan mendapatkan dukungan semua pihak,” ujarnya ketika memberi sambutan pada Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Sulut Tahun 2019, yang digelar di Auditorium Mapalus Kantor Gubernur, Jumat (18/10/2019).

Menurut Ibu Rita, pembangunan nasional adalah upaya yang harus dilaksanakan Kader PKK dan seluruh komponen bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan bernegara.

“Partisipasi segenap lapisan masyarakat juga dalam pembangunan sangat diperlukan terutama terkait dengan pembangunan bidang pendidikan sebagai upaya dalam mewujudkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, serta memiliki karakter dan jati diri bangsa,” tukasnya.

Lanjut Ibu Rita, PKK Sulut mengapresiasi dukungan pemerintah daerah yang didalamnya organisasi perangkat daerah dalam melaksanakan semua program pemberdayaan keluarga.

“Melalui jambore PKK kali ini yang mengusung tema Tingkatkan Kinerja Kader PKK melalui Pengelolaan Administrasi PKK diharapkan operasional kelembagaan PKK yang dilaksanakan secara berjenjang mampu menyeragamkan format, data, kesamaan pemahaman dan mekanisme yang baik dan benar,” ungkapnya.

Ibu Rita menambahkan, oleh karena itu diharapkan ada koordinasi, integrasi dan sinkronisasi dalam pelaksanaan administrasi PKK.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan kader PKK yang telah bekerja keras memberi pengabdian bagi keluarga-keluarga yang membutuhkan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua TP PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos memaparkan tujuan dilaksanakannya jambore kader PKK. Menurut dia, kegiatan ini untuk menambah wawasan, pengetahuan, persaudaraan dan persahabatan sekaligus sebagai penghargaan yang dapat memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerjanya dalam rangka mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Disampaikan dr. Devi, peserta jambore kader PKK ini berasal dari 15 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sulut, dengan target peserta berjumlah 600 orang.

“Pertemuan ini menjadi momentum untuk memperkuat tekad dan semangat pengabdian sebagai kader PKK juga membangun jejaring dengan Kader PKK dengan daerah lain dan membangun semangat dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan wawasan , serta sebagai ajang pertemuan yang mempererat sesama kader PKK di Provinsi Sulut,” pungkasnya.

Sementara Gubernur Olly Dondokambey yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang ketika membuka kegiatan tersebut, mengatakan, Pemprov Sulut mengapresiasi seluruh jajaran pengurus dan anggota TP PKK Sulut atas sinergitas serta komitmennya dalam menyelenggarakan agenda-agenda strategis yang konstruktif bagi eksistensi serta kontribusi PKK dalam pembangunan bangsa dan daerah.

Disampaikan Humiang, di era globalisasi saat ini peran reproduktif, peran produktif dan peran sosial dari perempuan serta peran PKK sebagai salah satu media untuk mengakomodasi partisipasi perempuan semakin dituntut.

“Segenap jajaran pengurus dan anggota PKK semakin dituntut untuk menghadirkan peningkatan pengelolaan organisasi PKK terutama dalam upaya optimalisasi terhadap potensi dan sumber daya yang dimiliki,” tandasnya.

Terkait pelaksanaan jambore kader PKK, Humiang menyatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu program tahunan yang diusung TP PKK untuk menjadi sarana bertukar informasi dan pengalaman antar kader perempuan/Kader PKK serta untuk meningkatkan motivasi dan kebersamaan dalam rangka mendukung program pemerintah melalui peningkatan kesejahteraan keluarga, kesejahteraan ibu dan anak.

“Oleh karena itu menjadi harapan pelaksanaan kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas serta menyamakan persepsi dalam upaya meningkatkan peran dan eksistensi TP PKK guna memberdayakan peran keluarga, terutama peran ibu-ibu, peran perempuan dalam membangun keluarga yang sehat dan sejahtera membangun masyarakat dan bangsa yang maju dan sejahtera,” ungkapnya.

Lebih jauh, masih dalam sambutan, Humiang optimis kedepan TP PKK Sulut dapat lebih eksis, lebih kreatif, memiliki inovasi, lebih berperan lagi dan menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan program pemerintah di bidang kesehatan, pendidikan, pertanian, pariwisata, kelestarian lingkungan dan program-program kesejahteraan lainnya.

“Kita akan turut mengoptimalkan pencapaian visi pembangunan di daerah ini menuju kesejahteraan yang setinggi tingginya,” tutup Humiang.

Diketahui, jambore kader PKK turut dihadiri Ketua DWP Sulut Ivonne Silangen-Lombok, dan pengurus TP-PKK Kabupaten dan Kota se-Sulut.

Sebagai informasi kegiatan jambore kader PKK yang berakhir pada sore hari yang ditutup langsung Ketua TP PKK Sulut ini sebelumnya telah menggelar lomba parade defille daerah Kabupaten/Kota Se-Sulut dan lomba lainnya seperti cerdas tangkas PKK, lomba joget balon dan pesan berantai. (ton)

Add Comment