Perjuangan OD-SK, Sulut (kembali) Dapat Bantuan Kapal Penyebrangan

Watania: Akan Layani Rute di Wilayah Kepulauan

SULUT, (manadotoday.co.id) – Kabar gembira untuk masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di wilayah kepulauan. Pasalnya, berkat perjuangan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw (OD-SK), Provinsi Sulut kembali mendapat bantuan kapal penyebrangan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulut Lynda Watania menjelaskan, bantuan kapal penyebrangan tersebut berkapasitas 1250 GT.

Lynda Watania
Kepala Dishub Sulut Lynda Watania, ketika menerima bantuan kapal penyebrangan dari pemerintah pusat beberapa waktu lalu.

“Bantuan kapal dari pemerintah pusat itu, sudah sampai di Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe dari Batam,” ujarnya, Jumat (18/10/2019).

Menurut Watania, kapal baru Sabuk Nusantara (SaNus) 109 ini akan memperlancar transportasi laut di wilayah tersebut. Kapal tersebut akan melewati rute yang tidak dapat disinggahi oleh kapal-kapal sebelumnya dengan kapasitas 2000 GT.

“Kalau bukan pak gubernur dan pak wagub (OD-SK,red) mungkin kapal ini diterima provinsi lain,” tandas Watania.

Watania menambahkan, kapal yang akan dikelola Pelni ini, akan layani rute Lipang, Bukide, Matutuang, Kawio, Marore, Kawulaso, Petta, Para, Pehe, Makelehi, Tagulandang, Biaro, Bitung, Amurang, Kahakitang, Lipang dan Tahuna.

“Jadi masyarakat kepulauan tidak ada lagi yang mengeluhkan belum adanya transportasi laut,” pungkasnya.

Diketahui, kapal SaNus 109 melengkapi sejumlah kapal yang telah berada di Sulut, yaitu tiga unit kapal 2000 GT, satu unit kapal 1200 GT dan ada lagi satu unit kapal SaNus 69 yang saat ini sementara docking. (ton)