Pemprov Sulut Jemput Kedatangan Warga Kawanua Terdampak Kerusuhan Wamena Papua di Bandara Sam Ratulangi Manado

foto 1
Pemprov Sulut diwakili Kepala Kesbangpol Mecky Onibala dan Kepala BPBD Joy Oroh bersama pejabat lainnya termasuk dari TNI AU, menjemput kepdatangan warga Sulut yang terdampak kerusuhan Wamena Papua di Bandara Sam Ratulangi Manado.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dibawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, menjemput kedatangan warga kawanua yang terdampak kasus kerusuhan Wamena Papua, di Bandara Sam Ratulangi Manado, Kamis (10/10/2019).

Kedatangan warga Kawanua itu, disambut langsung Kepala Kesbangpol Sulut Mecky Onibala dan Kepala BPBD Joy Oroh, Kadisops Lanud Sam Ratulangi Letkol Lek Marchel A. Lasut, M. Han, dan Dansatpom Lanud Sam Ratulangi Mayor Pom Andi Irawan, di VIP Bandara Sam Ratulangi.

Kedatangan 48 orang wsarga Sulut terdiri dari 39 orang dewasa dan 9 anak-anak itu, menggunakan pesawat TNI AU C-130/A-1332.

foto 2
48 warga Sulut terdiri dari 39 orang dewasa dan 9 anak-anak tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado, menggunakan pesawat TNI AU C-130/A-1332.

“Pemulangan warga Sulut dari Wamena ini merupakan perhatian serius Pemprov Sulut dalam hal ini Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw,” ujar Onibala.

Ia menjelaskan, pemulangan warga kawanua dari Wamena juga dilakukan lewat transportasi udara maupun laut.

“Untuk transportasi udara, menggunakan pesawat Hercules yang merupakan kerjasama dan koordinasi bersama TNI AU. Dan ada juga yang dipulangkan lewat transportasi kapal laut karena pertimbangan barang yang mereka bawah pulang,” kata Onibala, sembari menambahkan yang menggunakan jalur laut tiba di Pelabuan Bitung Sabtu (12/10/2019).

Sementara Kepala BPBD Sulut Joy Oroh mengatakan, untuk warga kawanua di Wamena, ada yang pulang ke Sulut, ada yang berada dengan keluarnya disekitar Papua, dan bahkan ada yang kembali ke Wamena karena situasi disana berangsur kondusif. (ton)

Add Comment