Hotel Asana Kawanua Ditutup, Ini Penjelasan Wagub Kandouw

Wakil Gubernur Sulut
Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Hotel Asana Kawanua yang dikelola Aerowisata Hotels yang terletak di jalan antara Cempaka Putih Timur dan Cempaka Putih Raya, Jakarta Pusat, ditutup dan tidak beroperasi lagi selama empat bulan terakhir.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E. Kandouw angkat bicara terkait ditutupnya salah satu bisnis Pemprov Sulut dengan nilai investasi sekitar Rp.79,9 Miliar tersebut.

Kandouw menjelaskan, penutupan Hotel Asana Kawanua tersebut lantaran pendapatannya tidak sebanding dengan nilai investasi. Hotel bintang tiga dengan 78 kamar (51 superior, 16 deluxe, 10 suite), tak mampu memberikan sumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan.

Menurut Kandouw, sesuai denmgan kesepakatan dimana pihak ketiga yang bekerjasama dengan Pemprov Sulut, akan memberikan PAD yang signifikan. Sayangnya, dalam pelaksanaannya jauh dari harapan.

“Padahal kita melihat hotel Asana tersebut tak pernah kosong. Namun melalui pihak manajemen mengatakan bahwa mereka rugi. Untuk itu saya sendiri memberikan masukan kepada pak Gubernur Olly untuk dievaluasi terhadap pihak ketiganya,” terangnya.

Kandouw mengatakan, dari hasil evaluasi tersebut akhirnya Pemprov Sulut tak lagi memperpanjang kerjasama dengan pihak ketiga tersebut.

“Kita mau ada pengelola yang baru dengan perjanjian jelas dan PAD sesuai target,” ungkapnya.

“Dan sekarang ternyata peminatnya banyak, dan sudah mengikuti lelang sesuai aturan yang ada,” tukas Kandouw. (ton)