Eman Berkomitmen Jadikan Tomohon Destinasi Wisata Kelas Dunia

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan pelatihan di Grand Master Hotel
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan pelatihan di Grand Master Hotel

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak berkomitmen menjadikan Tomohon sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Hal itu diungkapkan wali kota saat membuka Pelatihan Tata Kelola Destinasi di Wilayah Kecamatan Tomohon Utara dan Kecamatan Tomohon Barat yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kota Tomohon, sekaligus menjadi narasumber di Grand Master Hotel Tomohon Utara, Selasa (08/10/2019).

‘’Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan mengingat Kota Tomohon akan kita jadikan sebagai daerah kunjungan wisata kelas dunia,’’ ujar wali kota.

Dikatakannya, pelatihan-pelatihan seperti ini, menjadi bentuk dukungan dan concern Pemerintah Kota Tomohon dalam menunjang kepariwisataan sebagaimana visi misi Wali Kota tahun 2016-2021 yaitu terwujudnya masyarakat Kota Tomohon yang religius, berdaya saing, demokratis, sejahtera, berbudaya dan berwawasan lingkungan, menuju kota wisata dunia.

Untuk menjadi berkelas dunia tambah wali kota, tentunya harus memenuhi tiga A sebagai kriteria yakni Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas. Tercatat, Kota Tomohon memiliki 32 atraksi wisata dan budaya unggulan dari total 84 secara keseluruhan.

Aksesibilitas adalah juga sebuah keharusan yang akan memberi nilai dalam menunjang atraksi wisata yang sudah ada.

Sementara Amenitas sebagai fasilitas penunjang yang memberikan pelayanan bagi wisatawan untuk segala kebutuhan selama tinggal atau berkunjung.

Di Kota Tomohon tercatat ada 136 rumah makan dan 29 hotel yang siap mendukung kepariwisataan, salah satunya Grand Master Hotel yang menjadi venue kegiatan pelatihan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon Masna Pioh SSos berharap, pelatihan ini akan memberikan dmapak positif bagi Tomohon Utara dan Tomohon Barat dalam arus kunjjungan wisatawan sehingga nantinya berdampak positif kepada masyarakat.

Kegiatan dihadiri juga para lurah dan pemilik lokasi wisata. Narasumber lainnya adalah Ketua Asosiasi Destinasi Wisata Tomohon Joudy Aray SPd dan Magda Kalalo SPt MMSip, Kepala Bidang Konservasi, Tata Lingkungan, Amdal dan Perizinan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon. (ark)

Add Comment