Jemmy Palendeng: Alsintan Bantuan Pemerintah Jangan Hanya Jadi Pajangan di Rumah

Pembukaan Pekan Daerah Tani dan Nelayan Minsel 2019 (ist)AMURANG, (manadotoday.co.id) – Alat mesin Pertanian (Alsintan) bantuan pemerintah yang diperuntukan bagi Kelompok Tani dalam rangka menunjang produktifitas hasil Pertanian, diharapkan dapat dimanfaatkan guna menunjang kesejahteraan masyarakat.

“Jangan hanya terlena dengan bantuan Alsintan pemerintah. Bantuan Alsintan bukan untuk pajangan namun hendaknya dimanfaatkan guna kesejahteraan masyarakat Petani dan Nelayan,” tandas Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut, Jemmy Palendeng SP MSi, saat memberikan sambutan mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sukawesi Utara, pada acara pembukaan Pekan Daerah Tani dan Nelayan Minsel, Selasa (8/10/2019).

Selain itu Palendeng juga menyarankan agar generasi milenial dilibatkan dalam memajukan dunia Pertanian di Kabupaten Minsel. Sebab menurutnya, profesi sebagai Petani juga memiliki prospek menjanjikan bagi masa depan.

“Mari kita hilangkan pola pikir bahwa Petani itu susah. Petani saat ini banyak yang berhasil, asalkan serius dan hasilnya dikelolah dengan baik dan profesional,” tukas Palendeng seraya berharap Pekan Daerah Tani dan Nelayan Kabupaten Minsel akan memberikan dampak positif bagi kemajuan Pertanian demi yerwujudnya kesejahteraan Petani dan Nelayan.

Sementara itu Ketua Panitia, dr Michaela Elsiana Paruntu MARS, dalam laporannya mengatakan bahwa Pekan Daerah Tani dan Nelayan Kabupaten Minsel Tahun 2019, diikuti oleh gabungan kelompok tani dan Nelayan yang berasal dari 167 Desa dan 10 Kelurahan.

“Agenda ini baru pertama kali dilaksanakan. Dasar pelaksanaannya adalah karena Minsel memiliki wilayah terbesar lahan pertanian di Sulut. Kegiatan ini nantinya akan diisi dengan siskusi seputar tani dan nelayan serta berbagai lomba. Jadi bukan hanya seremoni namun diharapkan akan berdampak pada kemajuan pertanian yang berimbas pada kesejahteraan masyarakat,” kata Michaela.

Sementara itu Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu
dalam sambutan yang dibacakan Asisten II Pemkab Minsel Decky Keintjem, saat membukan Pekan Daerah Tani dan Nelayan Minsel 2019, memberi apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini.

“Dengan harapan kegiatan ini akan meningkatkan kualitas sumber daya petani dan nelayan serta akan menjadi momentum peserta meningkatkan kemandirian, ketrampilan, wira usaha dan mengoptimalkan pembangunan pertanian guna terwujudnya Kanupaten Minsel hebat dan terdepan,” tukasnya.

Hadir pada kegiatan ini Ketua KTNA Sulut Sammy Karo-Karo, pejabat lingkup Pemkab Minsel, pemerhati Pertanian Minsel serta gabungan kelompok Tani dan Nelayan di wilayah Kabupaten Minsel dan undangan lainnya. (lou)

Add Comment