SBAN Liow dan Djafar Alkatiri Terpilih Pimpinan Alkel DPD-RI

Ir Stefanus BAN Liow MAP dan Ir Djafar Alkatiri MM
Ir Stefanus BAN Liow MAP dan Ir Djafar Alkatiri MM

JAKARTA, (manadotoday.co.id)—Luar bioasa, dua Senator asal Sulawesi Utara yakni Ir Stefanus BAN Liow MAP dan Ir Djafar Alkatiri MM masuk dalam pimpinan Alat kelengkapan (Alkel) DPD-RI.

Keduanya terpilih secara aklamasi atau musyawarah mufakaf menjadi Pimpinan Alat Kelengkapan (Alkel) DPD RI Masa Sidang Tahun 2019-2020 dalam pemilihan yang berlangsung Selasa (8/10/2019).

Senator SBANL mengemban tugas sebagai Pimpinan Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) dan Djafar Alkatiri Pimpinan Komite I DPD-RI.

Pemilihan Pimpinan PURT dipimpin langsung Ketua DPD- RI. Sebelumnya pada Sidang Paripurna DPD-RI pekan lalu,  Senator SBANL telah ditetapkan dan disahkan sebagai Wakil Ketua Kelompok DPD-RI di MPR-RI.

‘’Ya, kalau partai Politik diberi nama fraksi, maka untuk DPD dinamakan kelompok,’’ ujar SBANL.

Menurut mantan Ketua P/KB Sinode GMIM ini, kepercayaan yang diperoleh dari pimpinan dan teman-teman anggota akan digunakan sebaikn-baiknya dalam tugas-tugas yang diemban.

Ditambahkannya, pemilihan melalui mekanisme musyawarah dan mufakat dan sesuai UU MD3 dan Tatib DPD-RI, tugas PURT antara lain menentukan kebijakan kerumahtanggaan, merencanakan dan menyusun kebijakan anggaran DPD-RI, menyusun dan mengevaluasi rencana strategis DPD-RI. Sedangkan Kelompok Anggota DPD di MPR adalah untuk meningkatkan optimalisasi dan efektivitas kinerja  MPR-RI dan anggota dalam melaksanakan tugasnya sebagai wakil daerah. Kelompok DPD memiliki anggota terbanyak 136 orang disusul Fraksi PDI  Perjuangan berjumlah 127 Anggota.

 

Ini Struktur Pimpinan PURT DPD-RI

– Ketua: Drs Habib Ali Alwi (Provinsi Banten)

– Wakil Ketua I: Andi Muhammad Ihsan SE (Provinsi Sulsel)

– Wakil Ketua II: Hj Riri Damayanti Jhon Latief SPsi (Provinsi Bengkulu)

– Wakil Ketua III: Ir Stefanus BAN Liow MAP (Provinsi Sulut). (ark)

Add Comment