Didampingi Dir LAIP Kemkominfo, Lomban Pantau Lokasi Pembangunan Pusat Data

Didampingi Dir LAIP Kemkominfo, Lomban Pantau Lokasi Pembangunan Pusat DataBITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Max J Lomban SE MSi, bersama Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (Dir LAIP) Kemenkominfo, Bambang Dwi Anggono, melakukan pemantauan langsung ke lokasi yang akan dibangun pusat data berskala internasional di Kelurahan Pinokalan, Kecamatan Ranowulu, Jumat (4/10/2019).

Dalam kesempatan itu Lomban yang didampingi Kepala Dinas PUPR Kota Bitung Rudy Theno menjelaskan, lokasi yang akan dijadikan pusat pengembangan data tersebut.

“Ini merupakan dukungan Pemkot Bitung ketika pemerintah pusat melalui Kemkominfo dan Bappenas menetapkan Kota Bitung, menjadi salah satu daerah dari tiga kabupaten/kota di Indonesia untuk dilakukan pembangunan pusat data,” ujar Lomban.

Lanjutnya, Pemkot Bitung akan terus berupaya semaksimal mungkin agar pelaksanaan pembangunan ini dapat berjalan dengan baik.

“Saat ini Pemkot telah menyediakan lahan, tinggal kedepannya akan terus berkoordinasi dengan pihak kemkominfo,” tukasnya.

Sementara itu Bambang mengatakan, Kota Bitung menjadi tempat yang paling siap dan memenuhi persyaratan dalam pembangunan pusat data nasional mengingat lokasi yang sangat strategis untuk mencakup wilayah Indonesia Bagian Tengah dan Timur.

Diketahui pembangunan pusat data di kota Bitung merupakan realisasi program pemerintah pusat dalam mewujudkan penguatan infrastruktur e-Goverment. Di Indonesia hanya ada Tiga daerah yakni Kabupaten Bekasi, Kota Batam dan Kota Bitung.(kys)

Add Comment