OD – SK Kirim Tim Jemput Warga Sulut di Wamena

pengungsi wamena
Tim yang dikirim Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw OD – SK diantaranya Kepala Badan Bencana Daerah Joy Oroh, Kepala Badan Kesbang Meky Onibala, dan Kepala Biro Pemerintahan Jemmy Kumendong bersama Pejabat dari Dinas Sosial, ketika meninjau sekaligus membawa bantuan kepada warga asal Sulut yang menjadi korban dan mengungsi akibat kerusuhan Wamena.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw atau OD – SK mengirim tim untuk menjemput warga Sulut yang terdampak kerusuhan di Wamena Papua beberapa waktu lalu, Jumat (4/10/2019).

Tim yang dikirim OD – SK diantaranya Kepala Badan Bencana Daerah Joy Oroh, Kepala Badan Kesbang Meky Onibala, dan Kepala Biro Pemerintahan Jemmy Kumendong bersama Pejabat dari Dinas Sosial.

Tim ini akan meninjau sekaligus membawa bantuan kepada warga asal Sulut yang menjadi korban dan mengungsi akibat kerusuhan Wamena.

Ketika tiba di Bandara Sentani, Tim Pemprov dijemput para pengurus Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) di Papua bersama dengan ormas adat Minahasa dan langsung diarahkan menuju lokasi pengungsian di Dunlop Sentani.

Di lokasi itu tim Pemprov Sulut melakukan dialog untuk mendapatkan masukan secara langsung hal apa yang dibutuhkan dan menyentuh langsung kebutuhan para pengungsi yang jumlahnya sekitar 75 orang.

Dari dialog yang dilakukan ternyata yang dibutuhkan adalah bagaimana caranya para pengungsi yang masih berada di Wamena untuk keluar karena banyaknya pengungsi yang menunggu list, makanan dan pakaian serta kebutuhan untuk pulang ke Manado karena merasa tidak kondusif lagi untuk tinggal di Wamena. Masukan tersebut ditampung dan di diskusikan untuk kemudian akan ditindaklanjuti.

Disamping pengungsi yang ditampung saat ini, juga banyak pengungsi yang ditampung langsung oleh keluarga masing – masing bahkan ada yang sudah melanjutkan perjalanan pulang ke Manado.

Selanjutnya Tim Pemprov berkunjung ke lokasi penampungan pengungsi asal Sulut di Kehiran Sentani. Sedangkan Sabtu (5/10/2019) besok, rencananya tim Pemprov akan menuju ke Wamena.

“Kita akan membantu warga Sulut yang mengungsi dan akan berupaya memulangkan semuanya ke Sulut,” ujar Onibala didampingi Kumendong. (ton)