DKP Tomohon Belajar CBPD di Mitra

RATAHAN,(manadotoday.co.id)- – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Pemerintah Kota Tomohon, Kamis (3/10/2019), mengunjungi Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) untuk belajar soal Cadangan Beras Pemerintah Daerah (CBPD).

Kunjungan DKP Tomohon di DKP Mitra
Kunjungan DKP Tomohon di DKP Mitra

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan DKP Tomohon Amerlin Marentek mengungkapkan, pihaknya ingin mengetahui kiat-kiat yang dilaksanakan Pemkab Mitra terkait cadangan pangan.

“Terima kasih atas sambutan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mitra yang telah menyambut kami. Salah satu poin yang ingin kami pelajari dari Mitra terkait pengelolaan gudang karena kami memang belum memiliki gudang. Saat ini kami memanfaatkan pihak ketiga, sementara rekomendasi BPK agar kami menyiapkan gudang,” ungkapnya.

Distribusi dan harga juga menjadi tujuan DKP Tomohon dalam kunjungannya ke DKP Mitra.

Yan Pangemanan, Pelaksana Tugas Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan DKP Tomohon mengatakan, kunjungan ke Mitra diharapkan bisa memberikan dampak positif.

”Kami berharap agar kunjungan kali ini bisa menambah wawasan terkait penguatan ketahanan pangan, terutama terkait sumber daya pangan,” tandas Yan.

Kepala DKP Mitra Made Alit SP mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan Pemkot Tomohon.

“Kami sangat mengapresiasi Pemkot Tomohon yang memilih Mitra sebagai tempat untuk berdiskusi dan berbagi ilmu terkait ketahanan pangan,” tukasnya.

Untuk cadangan pangan kata Alit, pihaknya sudah memiliki gudang dengan kapasitas 3,5 ton. ”Ini kami siapkan jika terjadi bencana nanti, tiap keluarga diberikan 15 kilogram.

Dampak kemarau panjang, Pemkab Mitra menyiapkan 42 ton bahan pangan yang akan didistribusikan untuk masyarakat di ekonomi kelas bawah.

“Mitra termasuk daerah surplus pangan. untuk itu, kami bekerja sama dengan kelompok tani untuk beras premium dengan harga Rp8.800/kilogram,” kunci Alit. (ten)