KPU Mitra Bekali Relawan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di Kecamatan Silian

Pembekalan 30 relawan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Silian
Pembekalan 30 relawan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Silian

SILIAN,(manadotoday.co.id)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Rabu (2/10/2019)  membekali 30 relawan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Silian.

Dipilihnya Silian sebagai lokasi pembekalan, karena kecamatan ini adalah daerah percontohan di kabupaten Mitra.

Kepala Sub Bagian Data KPU Mitra Yuliana C Handayani Ranti, pendataan harus dilaksanakan secara kontinyu. Untuk itu, para pendata harus dibekali mengingat data pemilih adalah sesuatu yang sangat krusial dalam pesta demokrasi.

‘’Kami akan terus melakukan pemutahiran agar memenuhi kesesuaian data base dengan data ril di lapangan. Meski belum masuk dalam tahapan Pemilu atau Pilkada, diharuskan dan kewajiban pihak KPU Mitra untuk meng-update data. Kami memilih Kecamatan Silian sebagai percontohan,’’jelas Yuliana.

Ke-30 relawan tersebut lanjutnya, akan dilengkapi dengan surat tugas dan akan bekerja di 10 desa yang tersebar di Kecamatan Silian.

‘’Ya, setiap desa ditempatkan tiga relawan. Tugas mereka mendata sekaligus melakukan pemutahiran by name by address. Dari tenaga sukarelawan kami akan mendapatkan data ril sebagai dasar dalam penetapan data pemilih sesuai tahapan,’’tukas Yuliana.

Narasumber pada kegiatan tersebut, Irvan selaku Komisioner KPU Mitra Divisi Perencanaan Data dan Informasi. ‘’Pesta Demokrasi belum berjalan. Tetapi KPU Mitra belum punya petugas adhoc di lapangan. Inilah yang menjadi dasar untuk melibatkan partisipasi masyarakat,’’ kata Irvan. (ark)

Add Comment