Tahun Keempat Digelar, Ekspresi JMS Wujudkan Program Nawa Cita di Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Pemerintah Kota Tomohon terus menggalakkan program Nawq Cita Presiden Joko Widodo. Salah satunya, kegiatan Ekspose Prestasi dan Kreativitas Siswa Bersama Jaksa Masuk Sekolah (Ekspresi JMS).

Pembukaan Ekspresi JMS 2019
Pembukaan Ekspresi JMS 2019

”Kegiatan ini sangat positif dan tentunya akan terus kita lakukan bekerja sama dengan pihak kejaksaan,” ujar Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA saat membuka kegiatan Ekspresi JMS di Sport Hall SMA Lokon Tomohon Selasa (1/10/2019).

Menurut wali kota, Program JMS merupakan program Nasional dalam rangka mewujudkan program Nawa Cita Presiden RI dan sangat penting bagi para siswa untuk dapat memahami hukum yang berlaku di Indonesia agar generasi muda memahami hukum, taat hukum dan menjauhi hukuman.

”Kami berharap JMS dapat memberi pengenalan serta pembinaan hukum kepada para siswa. Seluruh peserta diharapkan menjadi pelopor bagi semua siswa di setiap sekolah sehingga program JMS berjalan sukses,” tukas Eman.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari);Tomohon Edy Winarko SH MH mengapresiasi Pemkot Tomohon yang secara bersama-sama dengan pihaknya selama empat tahun melaksanakan kegiatan JMS.

”Kegiatan ini membantu membangun karakter dan mental siswa-siswi, sehingga dapat terwujud suatu generasi yang berkualitas, berkarakter kebangsaan dan taat pada aturan hukum yang berlaku,” katanya seraya berharap melalui kegiatan ini lahir duta-duta adhyaksa yang nantinya akan menjadi penyambung lidah kepada masyarakat dalam membangun pemahaman hukum dan kesadaran hukum sejak dini.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr Juliana D Karwur MKes MSi dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengaktualisasikan prestasi, kreativitas dan bakat para siswa di Kota Tomohon, menjadikan Jaksa sebagai sahabat dan menjadi lebih dekat dengan anak sekolah maupun masyarakat sehingga dapat memberikan citra yang positif terhadap institusi Kejaksaan RI, serta dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang hukum bagi para siswa
-siswi.

”Kegiatan lomba berlangsung selama dua hari dan acara puncak pada 8 Oktober nanti di Auditorium Bukit Inspirasi Tomohon,” jelasnya.

Lomba yang dilaksanakan adalah yel-yel JMS kategori SMP dan SMA-SMK, lomba stand up comedy kategori SMA-SMK, pidato kategori SMP SMA-SMK, Jaksa Cilik kategori SD, Duta Adhyaksa SMA-SMK se-Kota Tomohon.

Hadir dalam kegiatan pembukaan, Ketua Sementara DPRD Tomohon Christo Bless Eman SE, Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh bersama jajaran. (ark)