Masuk Musim Penghujan, Warga Diminta Waspada Penyakit DBD dan Malaria

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado, dr. Ivan Sumenda
Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado, dr. Ivan Sumenda

MANADO, (manadotoday.co.id) – Setelah beberapa bulan diterpa kemarau panjang, Kota Manado saat ini mulai memasuki musim penghujan. Terkait hal tersebut, Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado, dr. Ivan Sumenda menghimbau masyarakat agar waspada dengan peningkatan populasi nyamuk.

“Setelah kemarau panjang tiba-tiba masuk musim hujan, populasi nyamuk pasti akan meningkat. Nyamuk anopheles (penyebab malaria) dan nyamuk aedes aegypti (penyebab demam berdarah) pasti akan berkembang dengan pesat, karena itu patut diwaspadai peningkatan penyakit malaria dan demam berdarah (DBD) ataupun demam dengue (DD),”ujar dr Ivan, Senin (30/9/2019).

Oleh karena itu, ia menghimbau masyarakat agar terus menjaga kebersihan lingkungan. Wadah-wadah tempat bergenangnya air harus disingkirkan atau disimpan agar tidak menjadi tempat berkembang-biak nyamuk.

“Lakukan 3M, yaitu menguras tempat-tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat penampungan air dan mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Kami sangat berharap masyarakat terus menjaga kebersihan demi kenyamanan serta keselamatan keluarga dan anak-anak kita,”tukas dr. Ivan Sumenda.(ryan)