Pemkot Manado Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Pemkot Manado Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Pemkot Manado Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertempat di lapangan Sparta Tikala, Selasa (1/10/2019).

Sekda Kota Manado, Micler Lakat saat mewakili Wali Kota, G.S Vicky Lumentut menjadi inspektur upacara mengatakan, tantangan saat ini bukan lagi soal menghafal Pancasila di luar kepala tapi bagaimana menghidupkan Pancasila dalam pemikiran, sikap dan perbuatan.

“Dan hal itu dapat berhasil jika kita terlebih dahulu memahami arti dan tujuan lahirnya Pancasila,”kata Lakat di hadapan seluruh jajaran Pemkot Manado yang hadir dalam upacara tersebut.

Ia menjelaskan, Pancasila lahir sebagai kristalisasi dari nilai-nilai universal di setiap perabadan. Dan dalam konteks ini, dari kearifan lokal masyarakat Indonesia.

“Yang terpenting Pancasila hadir sebagai dasar bagi kita untuk mengolah hidup dan melestarikan kehidupan. Pancasila lahir demi kemerdekaan dalam berpikir, bersikap dan berbuat serta memberikan kita tanggung jawab supaya pikiran, sikap dan perbuatan tersebut tidak melanggar hak hidup orang lain. Kemerdekaan akan menghasilkan kebaikan jika disertai tanggung jawab,”tuturnya.

Bagi jajaran Pemkot Manado, Lakat menuturkan, memahami kearifan ini adalah sama pentingnya dengan memahami dan menjalankan kerja sesuai tupoksi.

“Kita memakai seragam bukan untuk menaikkan status sosial, tapi untuk menunaikan tugas kita sebagai pelayanan masyarakat. Bekerja dengan disiplin dan profesional serta harus mampu beradaptasi dan berakselerasi dengan perkembangan zaman,”tukas Wali Kota G.S Vicky Lumentut melalui Sekda Micler Lakat.

Sekadar informasi, tema Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 ini adalah Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia.(ryan)

Add Comment