Musim Kemarau, Dinas Pangan Minsel Jamin Stok Beras Aman

Kadis Pangan Minsel Frangky TangkereAMURANG, (manadotoday.co.id) – Musim kemarau sudah hampir tiga bulan melanda wilayah Kabupaten Minahasa Selatan dan diperkirakan nanti akan berakhir di bulan November 2019 mendatang.

Namun demikian Kepala Dinas Pangan Kabupaten Minsel Frangky Tangkere, memastikan stok beras aman selama musim kemarau berlangsung.

“Warga tidak perlu kawatir, stok beras dijamin aman selama musim kemarau. Ini dikarenakan suplay dari daerah penghasil beras seperti Gorontalo, Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan serta penghasil beras di wilayah Kabupaten Minsel masih lancar,” kata Tangkere.

Kendati begitu Tangkere juga mengakui di musim kemarau ini produksi beras dari sejumlah wilayah penghasil beras di Kabupaten Minsel menurun.

“Ini disebabkan karena terganggunya irigasi akibat suplay air yang berkurang di musim kemarau, sehingga ada beberapa areal persawahan yang tidak diari lagi. Namun itu belum mempengaruhi ketersediaan beras di musim kemarau seperti ini,” ujarnya.

Dan untuk mengetahui ketersediaan beras di wilayah Kabupaten Minsel, pihaknya menurut Tangkere, rutin melakukan pengecekan di Pasar Tradisional yang ada di Kabupaten Minsel.

“Setiap Minggu kita lakukan pemantauan di Pasar guna mengetahui ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat seperti beras dan kebutuhan pokok lainnya,” pungkasnya. (lou)

Add Comment