Wabup Minta Jangan Buka Lahan Dengan Cara Membakar

PINELENG, (manadotoday.co.id) – Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Robby Dondokambey, S.Si, MM, mengingatkan, beberapa hari terakhir ini di Kabupaten Minahasa sering terjadi Kebakaran Lahan.

Wabup menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan dan tidak membuka lahan dengan cara membakar. Intinya adalah kita wajib waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan (Hutla).

“Diharapkan adanya kesadaran sosial dan hukum seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan, mari bersama menjaga, memelihara serta melestarikan hutan dan lahan ,” ujar Wabup, saat menghadiri HUT GMIM Tumpengan Sea ke 21, Minggu kemarin.

Dihadapan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, yang juga hadir di acara tersebut, Dondokambey memastikan pemkab Minahasa sangat konsen pada masalah kebakaran hutan dan lahan yang terjadi akhir-akhir ini di wilayah kabupaten Minahasa.

“Janganlah membuka lahan dengan cara mrmbakar, sebab resikonya sangat berbahaya, ” tutur Wabup.

Kebakaran hutan dan lahan diakui sangat merugikan banyak pihak. Pemerintah tidak akan tinggal diam jika ternyata di temukan ada pihak-pihak atau oknum yang dengan sengaja melakukan pembakaran. ” Sanksinya adalah penjara ,” tegasnya. (rom)