HUT ke-55 Provinsi Sulut, OD – SK Luncurkan ‘PSC 119’

SULUT, (manadotoday.co.id) – Momentum perayaan HUT ke-55 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atau OD – SK meluncurkan layanan Public Safety Center 119 atau PSC 119, Senin (23/9/2019).

foto 1
Gubernur Olly Dondokambey didampingi Ketua DPRD Andrei Angouw, Wakil Gubernur Steven Kandouw, dan Sekdaprov Edwin Silangen, menekan tombol peluncuran Public Safety Center 119 atau PSC 119.

Peluncuran dilaksanakan usai Upacara Bendera yang dilaksanakan di Lapangan Robert Wolter Mongisidi Manado.

Layanan PSC 119 adalah layanan kegawatdaruratan kesehatan terpadu yang digagas Dinas Kesehatan Provinsi Sulut yang mengintegrasikan seluruh layanan emergency di 15 Kabupaten Kota, 192 Puskesmas dan 46 Rumah Sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr. Debie Kalalo mengatakan, setiap laporan masyarakat Sulut yang masuk melalui layanan berbasis telepon 119 ini akan diterima oleh petugas kesehatan terlatih yang akan membantu masyarakat memberikan advis layanan emergency maupun evakuasi medis dengan ambulans bila diperlukan. Layanan ini berlangsung 1 x 24 jam selama 7 hari seminggu.

foto 2
Public Safety Center 119

“Layanan ini dibangun juga untuk menopang pembangunan sektor kepariwisataan di Sulawesi Utara karena telah dinyatakan sebagai daerah super prioritas dalam pengembangan kepariwisataan oleh Presiden Joko Widodo. Kami dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara menginterpretasikan dukungan ini lewat layanan PSC 119,” katanya.

“Semoga dengan dilaunchingnya layanan ini, kita makin dekat dengan cita-cita kita yakni Sulut Sehat dan Sulut Hebat,” ujar Kalalo. (ton)