Cegah Karhutla, GSVL Tegaskan Tindak Oknum Pelaku Pembakar Sembarangan

Cegah Karhutla, GSVL Tegaskan Tindak Oknum Pelaku Pembakaran Sembarangan
Cegah Karhutla, GSVL Tegaskan Tindak Oknum Pelaku Pembakaran Sembarangan

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemkot Manado terus menseriusi peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang akhir-akhir ini marak terjadi. Wali Kota G.S Vicky Lumentut mengatakan, dirinya beberapa waktu yang lalu telah mengumpulkan para camat dan SKPD terkait untuk membicarakan masalah tersebut.

“Saya minta di wilayah harus jeli memantau, kalau ada kebakaran akibat ada orang yang sengaja membakar itu ada sanksinya, itu pidana, jadi saya minta mereka siaga di wilayah masing-masih,”ujar wali kota, Rabu (18/9/2019).

Jika kedapatan ada oknum yang sengaja melakukan pembakaran sembarangan, wali kota menegaskan akan menindak tegas oknum tersebut.

“Camat, lurah, kepala lingkungan harus mengamati, jika kedapatan langsung tindaki bawah ke aparat hukum,”kata dia.

Selain itu kata Lumentut, Pemkot Manado terus mengedukasi warga agar tidak melakukan hal-hal yang berujung pada karhutla atau kejadian kebakaran lain.

“Warga bantulah Dinas Kabakaran, bagi perokok jangan sembarang buang puntung, ibu-ibu kompornya diperhatikan, kelistrikan di rumah, karena saat ini potensi kebakaran sangat tinggi, sedikit saja ada api langsung cepat meluas,”tukas Wali Kota G.S Vicky Lumentut.(ryan)

Add Comment