Pelangi Nusantara Manado 2019, Aspotdirga Kasau Buka Seminar Kedirgantaraan

seminar kedirgantaraan
Aspotdirga Kasau Marsda TNI Nazirsyah ketika mewakili Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, membuka seminar nasional kedirgantaraan dengan tema Pengelolaan Wilayah Udara Nasional untuk kepentingan pertahanan dan peningkatan perekonomian nasional.

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dalam rangkaian kegiatan Pelangi Nusantara Manado 2019, digelar Seminar Nasional Kedirgantaraan yang dibuka Aspotdirga Kasau Marsda TNI Nazirsyah, mewakili Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, di GKIC Manado, Kamis (19/9/2019).

Seminar dengan tema ‘Pengelolaan Wilayah Udara Nasional untuk kepentingan pertahanan dan peningkatan perekonomian nasional’ ini, diikuti berbagai unsur diantaranya para pejabat di Lingkup Pemprov Sulut dan Manado, para akademisi, wartawan, mahasiswa, pelajar dan para praktisi serta tokoh masyarakat.

Nazirsyah dalam sambutannya, menyampaikan pemanfaatan wilayah udara harus senantiasa memperhatikan tiga aspek utama yaitu Pertahanan Negara (Security), Keselamatan Terbang (Safety) dan Ekonomi.

“Ketiga aspek itu harus seimbang agar pemanfaatan wilayah udara dapat terlaksana dengan aman, membawa kemaslahatan bagi masyarakat luas dan tidak menganggu kedaulatan negara,” ujarnya.

Nazirsyah menambahkan, melalui seminar ini agar para peserta memiliki wawasan dan pemahaman yang komprehensif terkait pengelolaan wilayah udara nasional untuk pertahanan negara serta mendukung peningkatan ekonomi nasional.

Diketahui, seminar nasional itu menampilkan para nara sumber yang ahli dalam bidang kedirgantaraan, yaitu Marsekal TNI (Pur) Chappy Hakim yang menyampaikan materi Wilayah Udara Nasional dalam Aspek Pertahanan Negara di Udara dan Nilai Strategis Wilayah Udara Nasional dan Kewajiban untuk Mengelolanya.

Nara sumber kedua Laksma TNI Sriyanto, S.T. jabatan Dirtekindhan Ditjen Pothan Kemhan RI dengan materi Kebijakan dan Strategi Dalam Pengelolaan Potensi Sumdanas untuk Kepentingan Pertahanan dan Keamanan Negara.

Dan narasumber ketiga adalah Prof. H. Atip Latipulhayat, S.H., LLM., Ph.D., menyampaikan materi Pengelolaan Wilayah Udara untuk Kepentingan Nasional. (*/ton)