Didampingi Gubernur Sulut, Aspotdirga Kasau Buka Event Pelangi Nusantara di Manado

Pelangi Nusantara
Aspotdirga Kasau Marsekal Muda TNI Nazirsyah, didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey, membuka kegiatan Pelangi Nusantara yang digelar di Kawasan Pohon Kasih Megamas Manado.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Assisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Muda TNI Nazirsyah, membuka kegiatan Pelangi Nusantara yang digelar di Kawasan Pohon Kasih Megamas Manado, Rabu (18/9/2019).

Kegiatan untuk memperkenalkan kehadiran TNI AU di seluruh pelosok tanah air kepada masyarakat luas dan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat akan TNI AU, turut dihadiri Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey.

Sejumlah kegiatan akan mewarnai pelaksanaan Pelangi Nusantara tersebut, antara lain kejuaraan nasional terjun payung yang merupakan ajang Pra PON XX, paramotor dan berbagai olah raga dirgantara lainnya.

Nazirsyah ketika membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, mengatakan, Pelangi Nusantara merupakan salah satu wujud konkret upaya TNI AU untuk semakin mendekatkan diri sekaligus mempererat hubungan dengan rakyat dalam rangka membangun bangsa dan Negara Indonesia yang sama-sama kita cintai ini.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan sekaligus hiburan yang menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat kepada TNI AU,” ujarnya.

Lanjut Nazirsyah, Pelangi Nusantara yang diselenggarakan di lokasi yang berbeda setiap tahunnya, merupakan pengejawantahan amanah TNI AU membina potensi kedirgantaraan masyarakat, terutama generasi emas Indonesia, yang akan menjadi motor Republik ini pada peringatan kemerdekaannya yang ke-100.

“Pelangi Nusantara tahun ini akan digelar beberapa kegiatan, yakni Dirgantara Expo, Seminar Nasional, Flypast Pesawat TNI AU, beberapa kejuaraan seperti terjun payung, aeromodelling, drone, dan paramotor serta banyak kegiatan lainnya,” terangnya.

Dijelaskan Nazirsyah, kejuaraan Terjun Payung pada kegiatan Pelangi Nusantara ini, merupakan kejuaraan nasional dalam rangka Pra PON XX tahun 2020 di Papua. Diharapkan muncul prestasi yang membanggakan dari para peterjun handal yang mengikuti pertandingan.

Ia menambahkan, melihat animo masyarakat Sulut pada kegiatan Pelangi Nusantara ini, AU merasa optimis akan tumbuh dan berkembangnya potensi dirgantara di wilayah ini. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini dapat terus dilestarikan, sebagai sarana sosialisasi dan sarana komunikasi dengan masyarakat umum.

“Kami juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur (Olly Dondokambey) dan Pemprov Sulut yang mendukung dan berpartisipasi dalam menyukseskan penyelenggaraan Pelangi Nusantara dan Kejuaraan Terjun Payung TNI AU Tahun 2019 ini,” pungkasnya.

Diketahui, kejuaraan terjun payung ini diikuti kontingen atlet peterjun Sulut, Sulawesi Tenggara, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Lampung, Bangka Belitung, Aceh, Papua Barat, Papua, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Riau, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nampak hadir pada pembukaan Pelangi Nusantara itu, jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Waaspotdirga Kasau, Marsekal Pertama TNI Timbang Sembiring Meliala dan Danlanudsri Kolonel Pnb. Johnny Sumaryana, dan sejumlah Bupati dan Wali Kota di Sulut. (ton)

Add Comment