Hadiri Rakor Penanganan Karhutla, Bupati Laporkan Penanganan Kebakaran

minahasaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring, MSi menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2019 di Ruangan C J Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Senin 16 September 2019.

Di hadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey,SE Sekprov Sulut Edwin Silangen Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid Tri Harjantho, Pangdam XIII Merdeka Mayor Jendral TNI Tiopan Aritonang, Wakajati, dan DanLanut, Serta Bupati/Walikota se Provinsi Sulut, Para Kepala BPBD se Kabupaten Kota Prov Sulut, Para Kepala Damkar se Kabupaten Kota Provinsi Sulut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Minahasa DR Denny Mangala MSi, Kepala BPBD Kabupaten Minahasa Yanes Pesik, Kadis Damkar Kabupaten Minahasa Alexander Mamesah.

Rapat di Pimpin Langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey,SE. Rapat ini karena melihat telah terjadi Kebakaran Hutan yang sangat besar di 15 Kabupaten Kota diantaranya 8 Kabupaten Kota yaitu Kabupaten Minahasa, Bolaang Mongondouw, Bolaang Mongondouw Utara, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bitung, Manado.
” Ini pun sudah menjadi Arahan dari President RI Joko Widodo. Musim kemarau akan terus berlangsung sampai bulan Oktober ,” ujarnya.
Dari data yang ada ada sekian banyak desa yang mengalami kebakaran hutan, dengan kondisi seperti ini rata-rata penyebabnya adalah ulah manusia sendiri ketika membuka lahan, membuang puntung rokok sembarangan dan membakar lahan. Dalam penanganan selama ini ditangani secara bersama oleh Polhut dan TNI Polri yang ada di kecamatan dan masyarakat setempat serta Pemerintah desa dan mahasiswa Pencinta alam.
Bencana kebakaran ini sudah besar untuk itu semua ini harus ada dukungan dari tim penanganan kebakaran hutan dan lahan. “Dana yang ada di provinsi dan kota cukup untuk menangani kebakaran hutan dengan Membuat satgas dan memakai dana yang ada , ” tukas Olly.

Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring, MSi, memberikan laporan untuk Minahasa pada saat ini ada 50 kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan awalnya hanya membakar sampah tapi akhirnya membesar dan penanganan saat ini ada kerja sama dari TNI Polri.
Dari semua kejadian masih ada satu yang belum tuntas yaitu di wilayah Warembungan sudah ada kerja sma dengan pihak kepolisian. Kejadian kebakaran Hutan di Kecamatan Tombulu itupun sudah langsung diproses karena kenyataan yang kita dapati ada Perusahaan yang sengaja membuang sampah ke Minahasa dan dibakar setelah itu dibiarkan begitu saja.
Bupati Minahasa pula meminta Petunjuk dan arahan serta Dana untuk Penanganan Kebakaran Hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Minahasa. Gubernur Sulawesi Utara memberi Kesimpulan rapat setelah mendengarkan Laporan serta Pengeluhan dari setiap Kabupaten/Kota Yaitu Pemerintah kabupaten/ kota terdampak Karhutla segera mengeluarkan penetapan status penanganan darurat melalui penerbitan surat keputusan sehingga dpt menggunakan dana darurat tak terduga APBD dan mengajukan permohonan Dana ke BNPB Pusat.
Melakukan Sosialisasi Rutin Pemerintah Daerah TNI/POLRI di kantor (Dalam Rapat-Rapat, Rumah ibadah, Desa, Kelurahan) Pembentukan Satgas di setiap Desa/Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten/kota oleh Pemda masing-masing. Pemerintah Kabupaten/kota terdampak segera mengeluarkan Penetapan Status penanganan Darurat dan Penegakan Aturan. (rom)