Bupati Minahasa Targetkan Raih Swasti Saba Wiwerda.

minahasa
Bupati ROR saat menerima kunjungan dari Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan RI di Kabupaten Minahasa di Rumah Dinas Bupati

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, MSi (ROR) menargetkan kabupaten Minahasa tahun 2019 ini bisa meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda. Hal itu ditegaskan Bupati ROR saat menerima kunjungan dari Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan RI di Kabupaten Minahasa di Rumah Dinas Bupati, baru-baru ini.

“Tahun 2015 lalu, Minahasa telah mendapatkan penghargaan kabupaten/kota sehat tingkat pemantapan, berupa Swasti Saba Padapa. Tahun ini, harus naik ke tingkat pembinaan, Swasti Saba Wiwerda,” kata ROR.

Bupati Minahasa menandaskan kabupaten sehat merupakan program unggulan Kemendagri dan Kemenkes RI. Program ini bertujuan mewujudkan kondisi masyarakat hidup bersih, nyaman, aman dan sehat. “Program ini dibutuhkan peran aktif dan kontribusi langsung masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Minahasa dr. Maya Rambitan M.Kes menyebutkan, pada tahun 2018 hingga saat ini, Pemkab Minahasa telah melakukan persiapan untuk diajukan verifikasi tingkat nasional pada 5 (lima) tatanan.

“Lima tatanan itu, pemukiman sarana dan prasarana umum sehat, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat, ketahanan pangan dan gisi, pariwisata sehat dan lalulintas tertip dan pelayanan transportasi,” jelas Rambitan.

Tim Verivikator Kabupaten Sehat dari Kementrian Kesehatan RI yang dipimpin Diana Nurhayati menjelaskan hingga saat ini sudah dalam proses verifikasi, sebelumnya proses administrasi Kabupaten Minahasa sudah dianggap baik dan lolos hingga tahap verifikasi.
“Dalam dua hari ini kami bersama tim akan lakukan pengecekan tentang bagaimana program-program kabupaten sehat di Kabupaten Minahasa. Semoga hasilnya adalah yang terbaik bagi Minahasa,”ungkapnya.

Turut mendampingi Bupati Minahasa Pj. Sekda Minahasa Frits Muntu, Ketua Tim pembina Kabupaten Sehat Kadis Bapelitbangda Philips Siwi, Sekretaris dr. Maya Rambitan M.kes Plt. Kadis kesehatan, Asisten I Denny Mangala, Asisten II Donald Wagey, Kadis Pendidikan Riviva Maringka, Kadis Lingkungan Hidup Wenny Talumewo, Kadis Pangan Shuban Torar, Kadis Perhubungan Hengky Kaunang, Kabag Humas dan Protokol Maya Kainde, Kabag TUP Lonna Wattie, Jeane Mandu , SKM ( Dinkes Prov), Dra. Feibe Rondonuwu MSi ( Kabid Pemerintahan sosial dan budaya Bappeda Prov Sulut). (rom)