Kunjungi C3, KPK Harap Manado Jadi Leading Sector Keterbukaan Informasi Publik

Kunjungi C3, KPK Harap Manado Jadi Leading Sector Keterbukaan Informasi Publik
Kunjungi C3, KPK Harap Manado Jadi Leading Sector Keterbukaan Informasi Publik

MANADO, (manadotoday.co.id) – Tim Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi Cerdas Command Center (C3) Pemerintah Kota Manado, Rabu (11/9/2019).

Koordinator Wilayah IX KPK, Irawati mengatakan, tujuan kedatangan mereka adalah untuk membuat profile dari Cerdas Command Center (C3) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Manado.

“Korwil IX ini membawahi wilayah timur (Sulut, Sulteng, Maluku, Maluku Utara) Indonesia, di wilayah ini selain Manado masih banyak daerah yang belum menerapkan teknologi informasi dengan maksimal, harapannya kami bisa menyebarkan profile C3 yang kami buat ke daerah-daerah lain untuk nantinya mereka terapkan,”terang Irawati yang juga anggota Tim Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan (Korsupgah) KPK ini.

Menurut dia, C3 sangat luar biasa karena mampu meramu kebutuhan daerah dan masyarakat akan informasi dan kepengurusan perizinan lewat berbagai aplikasi yang terintegrasi dengan perangkat daerah seperti PTSP, Dispenda dan Dukcapil.

“Saya harap Kota Manado ini menjadi *leading sector dalam keterbukaan informasi publik dan inovasi di dalamnya,”kata Irawati, sembari menambahkan ini adalah salah satu tugas KPK dalam mendorong perbaikan tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik atau clean and good government.

Sementara itu, Kadiskominfo Erwin Kontu menambahkan, ini merupakan kunjungan kedua dari Korwil IX KPK. Pada kunjungan pertama, mereka menilai Kota Manado layak diangkat menjadi daerah percontohan dari segi pelayanan publik yang berhubungan dengan Call Center dan pengaduan melalui sosial media.

“Nanti setelah ibu Ira dan tim Humas KPK selesai membuat profile C3, informasi itu bisa dilihat di website KPK, sehingga nanti Kota Manado dijadikan pilot project atau daerah percontohan untuk dijadikan daerah studi banding,”tukas Kadiskominfo Erwin Kontu.(ryan)

*Leading sector (sektor pemimpin) yaitu sektor potensial yang dapat berperan sebagai penggerak bagi sektor-sektor lainnya

Add Comment