Bupati James Sumendap Minta KPK Telusuri Aset PT. Newmont Minahasa Raya

Bupati James Sumendap Minta KPK Telusuri Aset PT Newmont Minahasa RayaMANADO, (manadotoday.co­.id) – Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap meminta KPK mengusut keberadaan aset yang diperkirakan mencapai 50 miliar rupiah dan diduga masih dikuasai PT. Newmont Minahasa Raya.

“Kontrak karya PT. Newmont sudah berakhir 2017 sekaligus dengan rehabilitasi wilayah tambang sudah dilakukan. Tapi di sana masih punya aset,” kata Bupati JS saat pendatanganan MoU dengan KPK terkait Perjanjian Kerjasama Optimalisasi Pendapatan Daerah dan Manajemen Aset Daerah di kantor Gubernur Sulut, Selasa (10/9/2019).

Ditambahkannya, beberapa waktu lalu ada warga yang melapor kepada dirinya terkait aset milik PT. Newmont yang dialihkan menjadi yayasan.

“Jadi modusnya yayasan. Namun itu bukan domain saya, jadi saya menyarankan silahkan menyurat ke departemen keuangan karena ini berbicara aset,” ungkapnya.

Dijelaskannya, hingga kini masih ada aset pelabuhan dan tangki raksasa, padahal saat ia masih bertugas di DPRD Sulut, ketika PT. Newmont tidak beroperasi semua aset termasuk besi bekas diserahkan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Sekarang masih ada aset diperkirakan 50 miliar rupiah dan itu dikuasai oleh yayasan tersebut dan PT. Newmont Minahasa Raya,” pungkasnya.

Terkait hal ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mempelajari dan menindaklanjuti laporan tersebut.

“Nanti hal ini akan dipelajari dulu, baru bisa tindaklanjuti,” tandas Wakil Ketua KPK RI Thony Saut Situmorang.(ten)

Add Comment