Wawointana Minta Perangkat Daerah Maksimalkan Penyerapan Anggaran

Genjot Realisasi Anggaran, WawointanaRATAHAN, (manadotoday­.co.id) РPemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) mulai menggenjot realisasi anggaran sampai triwulan ketiga tahun 2019 di seluruh perangkat daerah.

“Sampai Agustus secara rata-rata realisasi anggarannya masih sekira 37 atau 38 persen. Sedangkan akhir triwulan tiga target kita seharusnya sudah di 60 persen,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Joutje Wawointana, saat rapat EPRA, Kamis (5/9/2019).

Dia mengungkapkan, seluruh perangkat daerah diharapkan memaksimalkan penyerapan anggaran, serta melaksanakan program kegiatan yang telah direncanakan.

“Makanya seluruh perangkat daerah sudah diingatkan agar memperhatikan realisasi ini, baik itu anggaran atau fisik,” ujarnya.

Joutje mengakui, dari evaluasi yang dilakukan pihaknya dari laporan setiap perangkat daerah, sejumlah kegiatan fisik telah dilaksanakan namun belum melakukan pengajuan anggaran.

“Jadi dari laporan, pekerjaan fisik sudah ada yang dikerjakan tapi belum mengajukan permintaan pembayaran termin. Tapi nantinya memasuki akhir tahun pasti akan meningkat presentasi realisasinya,” jelasnya.

Selain itu pencairan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahap kedua masih belum terealisasi.

“Untuk DAK tahap dua juga turut mempengaruhi angka realisasinya. Tapi segera diselesaikan proses pencariannya,” tandas Joutje.(ten)

Add Comment