Minahasa Siap Menggelar Jambore Pemuda Indonesia Tahun 2019

MangalaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa ditunjuk oleh Kemenpora RI sebagai tuan rumah pelaksanaan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2019.

“Pemkab Minahasa memberi apresiasi yang setinggi tingginya kepada Kemenpora RI yang sudah mempercayakan Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kabupaten Minahasa sebagai tuan rumah pelaksanaan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2019.

Pemerintah Kabupaten Minahasa tentu memberikan dukungan penuh demi terlaksananya dan suksesnya kegiatan yang berskala nasional ini , ” ujar Mangalah, Rabu (4/9/2019).

Pelaksanaan JPI ini bertepatan dengan rangkaian kegiatan sampai acara puncak untuk memeriahkan dan memperingati HUT Minahasa ke-591 pada 5 November nanti. ” Pemkab bersinergi dengan apa yang menjadi agenda Kemenpora ,” tutur Mangalah.

Diperkirakan Pendamping dan 500 Peserta dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia akan hadir dalam acara ini. Para peserta akan berkemah di area stadion Maesa Tondano dan untuk pendamping akan disiapkan akomodasi/homestay disekitar Tondano Raya.

“Rencananya untuk acara pembukaan pada tanggal 1 November 2019, didalamnya ada pawai budaya yang akan menampilkan parade peserta JPI lengkap dengan baju adat asal daerahnya masing-masing dilanjutkan dengan welcome dinner. Rangkaian kegiatan lainnya, yaitu Pentas Seni dan Budaya, peninjauan Pameran (Stand) dengan menampilkan tampilan lokal dari daerah asal, pengangkatan eceng gondok, seminar kebangsaan, Study Tour mengelilingi tempat wisata/tempat bersejarah di Kabupaten Minahasa. Sampai acara Penutupan pada tanggal 5 November yang bertepatan dengan acara puncak HUT Minahasa sampai pada penutupan pameran pembangunan ,” jelas Mangalah. (om)