Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Wabup Legi Pantau Gunung Soputan

Antisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan, Wabup Legi Pantau Gunung Soputan Dan Pos PengamananSILIAN, (manadotoday.­co.id) – Wakil Bupati Minahasa Tenggara Drs Jocke Legi pada Kamis (29/8/2019), melakukan pemantauan di Gunung Soputan untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) di lokasi tersebut.

Selain itu, wabup juga memantau langsung pos pengamanan Gunung Soputan.

Menurut Wabup, ini merupakan instruksi dari Bapak Presiden RI tentang kebakaran Hutan dan Lahan, karena itu. Pemkab Mitra secara langsung turun ke Gunung Soputan.

“Pos pengamanan sendiri sudah diawasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra, TNI beserta Polri. Ini semua untuk mengantisipasi terjadinya kasus Karhutah di Kabupaten Mitra,”ujar Wabup yang didampingi Kabag Humas Mitra Arnold Mosolang.

Wabup menambahkan, Gunung Soputan sendiri sangat rawan terjadi kasus kebakaran hutan.

“Bersyukur dari pantauan saya, di kaki Soputan sendiri sampai saat ini aman. Tidak ada terjadi sesuatu, karena di bawah kaki Soputan tersebut telah dibuat Pos Pengamanan yang dijaga ketat BPBD Mitra, Satpol-PP, TNI beserta Polri. Setiap masyarakat yang keluar masuk di kaki Gunung Soputan terus dicatat,”tutur Wabup.

Ditempat yang sama, Kepala BPBD Mitra Welly Mononimbar mengatakan, setiap hari di Pos Pengamanan sudah ditempatkan pegawai BPBD dibantu oleh TNI dan Polri bersama dengan warga masyarakat.

“Sejauh ini di Pos Pengamanan yang ada di Gunung Soputan masih aman, setiap pengunjung baik masuk dan keluar dari wilayah di sini kami catat. Ini salah satu cara mempermudah pengawasan terhadap pengunjung,”tutur Mononimbar.(ten)