Pedagang Pasar Bahu yang Direlokasi ke Pasar Kayu Bulan Akan Dapat Subsidi

Wali Kota G.S Vicky Lumentut
Wali Kota G.S Vicky Lumentut

MANADO, (manadotoday.co.id) – Para pedagang Pasar Bahu yang direlokasi ke Pasar Restorasi Kayu Bulan Malalayang akan mendapatkan subsidi.

Wali Kota Manado, G.S Vicky Lumentut mengatakan, para pedagang tidak usah khawatir jika sudah pindah ke Pasar Restorasi Kayu Bulan kemudian pendapatan menurun, karena menurut dia, segala sesuatu yang baru pasti perlu ada penyesuaian.

“Waktu lalu saat saya berdiskusi dengan pedagang, mereka ada kekhawatiran pendapatan mereka akan menurun saat pindah, saya tanya kepada para perwakilan pedagang sekira 100 orang, berapa keuntungan rata-rata setiap hari, mereka bilang Rp 100 ribu, saya katakan datang saja jualan di sini (Pasar Kayu Bulan), jika kalian hanya dapat keuntungan Rp 50 ribu, sisanya Rp 50 ribu kami akan talangi supaya pendapatan kalian tetap Rp 100 ribu,”ujar Lumentut saat soft opening Pasar Restorasi Kayu Bulan beberapa waktu yang lalu.

Ia mengatakan, langkah ini akan terus dilakukan sampai pendapatan para pedagang di Pasar Restorasi Kayu Bulan stabil.

“Apakah satu minggu, dua minggu, satu bulan, sampai pendapatan pedagang stabil di angka rata-rata Rp 100 ribu baru subsidi ini dihentikan, tapi jangan terus-terus sampai tahun depan, saya punya orang untuk memantau itu, jangan ada dusta di antara kita,”kata wali kota diiringi tawa para pedagang pasar yang hadir dalam kegiatan di lokasi Pasar Restorasi Kayu Bulan Malalayang tersebut.

Namun kata dia, pedagang yang menerima subsidi hanya mereka yang merupakan pindahan dari Pasar Bahu.

“Jadi cuman para pedagang dari Pasar Bahu, para pedagang baru tidak akan dapat, karena mereka ini yang prioritas, mereka yang pertama menempati tempat ini (Pasar Kayu Bulan). Ada disiapkan tempat untuk para warga di sekitar pasar ini, warga Malalayang Satu Barat atau Malalayang Satu Timur, akan diseleksi lalu masuk jualan di sini,”tutur Lumentut.

Ia menambahkan, untuk transportasi juga telah disiapkan agar para pembeli dan penjual dapat dengan mudah pergi ke lokasi pasar.

“Basis sudah menyiapkan 40 armada angkot (mikro), jadi tidak usah khawatir untuk transportasi. Para supir mikro ini nanti juga akan dapat subsidi bahan bakar 10 liter minyak setiap hari, akan diberikan sampai pendapatan mereka stabil,”tukas Wali Kota G.S Vicky Lumentut.(ryan)

Add Comment