Olly Tinjau Pengembangan Sapi Perah Tampusu

pengembangan sapi perah
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, ketika meninjau pengembangan sapi perah Balai Pembibitan Ternak di Tampusu Kabupaten Minahasa, Rabu (21/8/2019).

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, meninjau pengembangan sapi perah Balai Pembibitan Ternak di Tampusu Kabupaten Minahasa, Rabu (21/8/2019).

Olly pada kesempatan itu, mengatakan Pemprov Sulut saat ini fokus pada tiga manfaat utama sapi perah yaitu produksi susu, peternakan anak sapi, dan pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi.

“Manfaat dari sapi perah ini banyak, tapi pemerintah fokus pada tiga itu. Produksi susu saat ini satu ekor sapi bisa menghasilkan delapan sampai sepuluh liter per hari. Dan untuk pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi perah dicampur dengan enceng gondok diolah menjadi pupuk organic,” ujarnya.

Sebagai informasi, di lokasi lahan pertanian dan peternakan milik Pemprov Sulut di Tampusu, dikembangkan juga peternakan sapi PO (Peranakan Ongoleh). PO artinya keturunan sapi perkawinan antara sapi sumba dengan sapi lokal yang ada di Sulut.

“Rencana ini apabila berhasil akan dikembangkan di seluruh kabupaten dan kota. Jadi akan dirasakan oleh seluruh masyarakat Sulut,” kata Olly. (ton)