Irup HUT RI ke-74, Bupati JS: SDM Minahasa Tenggara Unggul Menuju Indonesia Emas

Pancasila Adalah Penyatu BangsaRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Peringatan puncak HUT Proklamasi Republik Indonesia (RI) ke-74 melalui Upacara Bendera di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) berlangsung khidmat di Lapangan Ompi Ratahan, Sabtu (17/08/2019).

Pelaksanaan upacara berlangsung baik dan lancar mulai penaikan dan penurunan bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) diikuti para peserta upacara dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Mitra, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI, Polri, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga para pelajar SD, SMP serta SMA di Mitra.

Dalam sambutannya, Bupati JS mengatakan, segenap warga Mitra diminta untuk mempersiapkan generasi muda menjadi sumber daya manusia (SDM) unggulan jelang masa Indonesia Emas dengan bonus demografinya pada tahun 2045.

“Masih ada 26 tahun menuju Indonesia Emas (usia 100 tahun). Saya berharap generasi muda yang hadir saat ini akan menikmati perkembangan yang luar biasa di Minahasa Tenggara, Sulawesi utara dan Indonesia yang kita cintai ini, ujar Bupati JS dengan semangat.

Segenap warga diminta untuk menghormati jasa para pahlawan bangsa, yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia lepas dari penjajahan.

“Inti perayaan HUT RI ke-74 ini adalah merefleksikan perjuangan yang sangat luar biasa dari para pahlawan bangsa, juga dari TNI-POLRI dan masyarakat Indonesia yang berjuang untuk kemerdekaan RI. Ada Proklamator Bangsa Soekarno – Hatta, juga tokoh nasional dari Sulut Maria Walanda Maramis berjuang bagi kemerdekaan RI,” sebut JS bangga.

Masyarakat Mitra diminta untuk terus mengembangkan kapasitas diri sehingga tidak kalah bersaing di tengah era kemajuan teknologi. Menjunjung rasa persaudaraan dan saling menghargai di antara semasa Warga Negara Indonesia.

“Oleh karena itu dalam kemajuan teknologi yang luar biasa ini, mari kita jaga persatuan dan kesatuan negara yang kita cintai ini. Kita telah dengar pidato Presiden, bahwa Pancasila adalah satu-satunya (dasar negara) dan penyatu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mari kita saling menghormati dan menghargai semua agama suku ras dan golongan yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara, sesuai dengan semboyan negara Bhineka Tunggal Ika,” sebutnya.

Warga Mitra diajak untuk menyadari tanggung jawab yang melekat sebagai Warga Negara Indonesia, untuk terus melanjutkan perjuangan para pendiri negara. Melalui berbagai upaya dan karya untuk membawa Indonesia semakin maju dan sejahtera, termasuk di Mitra.

“Tema HUT RI ke-74 Sumber Daya Manusia Unggul, Indoensia maju. Maka diharapkan kita dapat mengembangakn kapasitas dan kualitas diri. Serta mengasah ketrampilan untuk menjadi SDM unggul yang terus mampu menggelorakan semangat kerja, kerja, kerja. Mari kita gelorakan semangat untuk terus bekerja memberikan karya bagi pembangunan bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia ke-74, Merdeka! ” tutupnya.

Turut hadir di tribun kehormatan Ketua TP-PKK Mitra Djein Leonara Rende, Wakil Bupati Jesaja J O Legi beserta Wakil TP-PKK Mitra Pdt Erni Rondonuwu, Sekda Mitra Robby Ngongoloy, Ketua DPRD Mitra Marty Ole beserta para anggota DPRD, jajaran Pimpinan Forkopimda Mitra, pimpinan OPD Mitra, para tokoh masyarakat.(ten)

Add Comment