Eman Minta Wartawan Jadi Agen Pembaharu dan Alat Kontrol Sosial

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak meminta agar wartawan menjadi agen pembaharu dan alat kontrol sosial serta memberikan informasi yang mendidik masyarakat.

Asisten Kesra dan Kadis Kominfo di Dialog Pemkot Tomohon dengan para wartawan
Asisten Kesra dan Kadis Kominfo di Dialog Pemkot Tomohon dengan para wartawan

Hal itu dikatakan wali kota melalui Asisten Kesejahteraan Rakyat Dra Octavianus DS Mandagi saat membuka Dialog Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan media massa dengan tema ”Bersama Media Massa Menuju Indonesia Maju” Jumat (16/8/2019) di Anugerah Hill Kelurahan Paslaten Satu Kecamatan Tomohon Timur.

Menurut Eman, di era keterbukaan ini, media massa memiliki peran strategis dan diperhitungkan dalam paradigma baru tata kelola pemerintahan.

”Ya, untuk diketahui, paradigma baru pemerintahan melibatkan publik, media, kelompok kepentingan, partai politik dan swasta dalam berbagai proses kebijakan publik,” jelasnya.

Wartawan yang mengikuti Dialog dengan Pemkot Tomohon
Wartawan yang mengikuti Dialog dengan Pemkot Tomohon

Media memiliki peran penting dan kekuatan yang besar untuk mempengaruhi publik serta menghegemoni semua pihak untuk konsen terhadap seluruh kebijakan.

Masyarakat harus mampu memilah-milah berita atau informasi yang layak dan tidak layak untuk dilihat dan dibaca.

Wali kota berharap, dalam menjalankan tugas, wartawan memahami fungsi dan kode etik jurnalistik agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan dan membahayakan wartawan itu sendiri.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kota Tomohon Jusak ST Pandeirot SPd MM mengatakan, melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, pihaknya terus mengingatkan para wartawan untuk tetap melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya.

”Sebagai mitra kerja, sudah menjadi kewajiban kami untuk terus memberikan warna dalam aktifitas para wartawan. Dengan begitu, mereka akan terasah sehingga ke depan akan semakin baik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” tukas Pandeirot. (ark)