Pemprov Sulut Siapkan Rp. 5 M  Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan Pemprov Sulut telah menyiapkan dana Rp. 5 Miliar, sebagai dana operasional pengendalian dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Dana operasional pengendalian dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan itu, kita siapkan di APBD Perubahan,” ujar Olly, dalam sambutannya di rapat koordinasi daerah Pengendalian Karhutla Sulut, di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, Kamis (15/8/2019).

Menurut Olly, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada rakornas pengendalian Karhutla, pemerintah daerah harus mengantisipasi kebakaran kawasan hutan dan perkebunan rakyat di wilayah masing-masing.

“Jadi, lebih baik kita mengantisipasi. Jangan sampai terjadi kebakaran baru bergerak. TNI dan Polri diminta langsung Presiden untuk menanganinya, dan tentu memerlukan dana operasional. Pemprov Sulut mendukungnya dengan menyusun anggaran tersebut di APBD Perubahan,” ungkapnya.

Olly juga optimis lewat kesiapan anggaran dapat mengoptimalkan penanganan dan pengendalian Karhutla di Sulut.

“Kalau Pemprov dapat menganggarkan lima miliar, dan setiap kabupaten/kota bisa satu miliar tentunya semua ini dapat berjalan lancar. Kalau tidak ada kejadian tentunya dana ini tidak akan terpakai,” pungkasnya.

Sekedar informasi, pengendalian dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang disampaikan Presiden Jokowi, yaitu prioritas pencegahan; tanggap apabila menemukan titik api kecil dan tidak meremehkan adanya titik panas; segera mungkin padamkan api dan penegakan hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan. (ton)