Basmi Rentenir, PD Pasar Kota Manado Teken MoU Dengan PT Pegadaian

Dirut PD Pasar Stenly Suwu
Dirut PD Pasar Stenly Suwu

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kota Manado melalui Perusahaan Daerah (PD) Pasar menggelar acara soft opening Pasar Restorasi Kayu Bulan, Rabu (14/8/2019).

Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Kota Manado, Stenly Suwu mengatakan, acara soft opening pasar juga dirangkaikan dengan penandantanganan perjanjian kerja sama (MoU) antara pihak PD Pasar dan PT Pegadaian.

“Alasan MoU ini karena waktu kami amati di Pasar Karombasan didominasi oleh rentenir (tengkulak), nah, saya dapat informasi mereka memberikan bunga pinjaman uang 15 sampai 20 persen sehingga sangat membebani pedagang,”kata Suwu saat ditemui usai acara soft opening, Rabu (14/8/2019).

Parahnya lagi lanjutnya, akibat bunga yang tinggi ini, ada pedagang yang terpaksa memberikan lapak mereka karena tidak mampu membayar hutang. Bahkan pihaknya mendapati ada satu rentenir yang punya lapak banyak hasil sitaan dari para pedagang.

“Makanya lewat kerja sama dengan PT Pegadaian para pedagang dapat meminjam uang dengan bunga yang kecil,”tukas Suwu.

Sementara, Deputy Bisnis PT Pegadaian (Persero) Area Manado, Abdul Assegaf mengatakan, Pegadaian memberikan bunga pinjaman yang sangat rendah.

“Di kami bunga pinjaman yang kami tawarkan 10 kali lebih rendah, kalau di tempat lain bunga mencapai 20 persen di Pedadaian hanya 10 persen,”kata Assegaf.(ryan)

Add Comment