Olly Ajak Masyarakat Sulut Cegah Kebakaran Hutan

kebakaran hutan dan lahan
Tim Dinas Kehutanan Daerah Sulut, bekerjasama dengan stakeholders terkakit di Sulut, terus melakukan pengawasan di lapangan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Olly Dondokambey mengajak masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan sejak dini.

“Saya mengajak kepada segenap masyarakat untuk tidak sekali-kali membakar lahan, terlebih khusus saat membuka lahan. Mari cegah kebakaran hutan dan lahan sejak dini,” ujarnya.

Olly juga menginstruksikan kepada Dinas Kehutanan Daerah dan Polisi Hutan, untuk mengantisipasi kebakaran kawasan hutan dan perkebunan rakyat di wilayah Nyiur Melambai.

“Mari seluruh stakeholder terkait melakukan monitoring serta pengawasan lokasi dan titik kawasan hutan rawan kebakaran terus dilakukan,” jelasnya.

Olly menghimbau juga keterlibatan Polisi hutan di Sulut untuk diperdayakan semaksimal mungking dengan tetap siaga di pos dan resort masing-masing KPH/UPTD. Jika ada api kebakaran sekecil apapun segera bergerak memadamkan dan berkordinasi dgn pihak terkait.

Diketahui, belum lama ini Gubernur Olly menghadiri rapat yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo, terkait penanggulangan kebakaran hutan. Presiden Jokowi berpesan kepada Gubernur, Pangdam, Kapolda berkolaborasi, bekerja sama dibantu dari Pemerintah Pusat, Panglima TNI, Kapolri, BNPB, dan Badan Restorasi Gambut (BRG) dan mengatasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Presiden Jokowi berpesan agar prioritaskan pencegahan melalui patroli terpadu deteksi dini sehingga kondisi harian di lapangan selalu termonitor, selalu terpantau. Kedua, penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi gambut, kalau musim panas di cek bener dan harus dilakukan secara konsisten, tinggi permukaan air tanah gambut agar tetap basah dijaga terus terutama di musim kering. (ton)

Add Comment