Sekdaprov Silangen Buka Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Sulut

Keluarga Sadar Hukum
Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, ketika menghadiri pembukaan Lomba Kelompok/Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi Sulut Tahun 2019.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Sekdaprov Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen, membuka Lomba Kelompok/Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi Sulut Tahun 2019, yang dilaksanakan di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, Rabu (7/8/2019).

Lomba Kadarkum ini, mengangkat tema “Melalui Lomba Kadarkum, Kita Tingkatkan Pemahaman Hukum Masyarakat Demi Terwujudnya Budaya Hukum”

Silangen mengapresiasi jajaran Kanwil Kemenkumham Sulut, yang telah bersinergi menyelenggarakan kegiatan strategis ini.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para peserta lomba, atas antusiasme dan partisipasinya dalam kegiatan ini,” katanya.

Silangen menuturkan, konsekuensi logis sebagai negara hukum, maka seluruh tindakan dan perbuatan dari setiap individu, kelembagaan atau badan yang berada dalam NKRI harus digerakkan atas dasar hukum.

“Sehingga sudah menjadi tuntutan dan kewajiban bagi penyelenggara negara, pemerintah daerah, serta seluruh warga negara Indonesia untuk senantiasa bergerak dalam koridor hukum dan aturan yang berlaku disetiap ranah pelaksanaan tugas yang diemban,” ujar Silangen.

Lanjut Silangen, beranjak dari pemahaman itu, maka Lomba Kadarkum ini merupakan salah satu inovasi solutif dalam mengasah kemampuan keluarga/kelompok untuk semakin sadar hukum.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu wahana pemantapan kapasitas diri guna mengembangkan budaya hukum di semua lapisan masyarakat,” bebernya.

Silangen mengajak semua pihak untuk memperkuat komitmen dan mendukung berbagai upaya pembangunan Sulut.

“Saya berkeyakinan, bahwa kegiatan ini akan memberikan daya dorong bagi pengembangan sumber daya manusia, sehingga mampu memberikan kontribusi positif yang komprehensif dan solutif dalam menyikapi tantangan kedepan,” imbuh Silangen.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulut Efendy Peranginangin menerangkan tujuan dilaksanakannya Lomba Kadarkum.

“Tujuan dari kegiatan lomba keluarga sadar hukum ini adalah agar setiap anggota masyarakat dapat mengetahui dan meningkatkan kesadaran terhadap hak dan kewajibannya sebagai warga negara indonesia serta memahami dan menaati hukum yang berlaku,” kata Efendy.

Lomba Kadarkum turut dihadiri perwakilan Forkopimda, para pejabat Pemprov Sulut dan seluruh peserta lomba dari kabupaten dan kota di Sulut. (ton)