Cegah Jual beli Jabatan, KPK Awasi Polimdo

stopMANADO, (manadotoday.co.id) – mencegah terjadinya jual beli jabatan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut mengawasi seleksi calon Direktur Politeknik Negari Manado (Polimdo) Periode 2020-2024. KPK berharap tidak ada praktik korupsi dalam pemilihan jabatan tertinggi di tempat tersebut.

‘’Jika terjadi jual beli jabatan dalam pemilihan direktur, tentunya akan ada korupsi. Kami tidak ingin hal itu terjadi,” kata  Handayani saat memberikan kuliah umum dan pembekalan dosen calon pengajar Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi di Polimdo, Senin (5/8/2019).

Ada sejumlah catatan menurut Handayani yang diberikan pihak KPK dalam pemilihan Direktur Polimdo.

‘’Tidak boleh ada kepentingan lain selain untuk pendidikan dalam pemilihan direktur nanti,’’ tandas Handayani.

Sementara Ketua Senat Polimdo Oktavianus Lintong SPi MSi mengatakan, keikutsertaan KPK dalam mengawasi pemilihan direktur sangat bermanfaat untuk tidka terjadi korupsi atau masuk kepentingan politik.

‘’Mekanisme pemilihan dibuat transparan dan terbuka karena kami tidak mau sembarangan menjalankan proses pemilihan direktur,’’ tukas Lintong seraya menambahkan prosesnya mengedepankan objektifitas dan profesional sesuai dengan visi membangun Polimdo yang bersih.

Sementara Direktur Polimdo Ir Ever Notje Slat MT mengapresiasi Jurusan Pariwisata dan Teknik Sipil yang menerapkan mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi. Menurutnya, upaya tersebut dapat memantapkan kembali para dosen perguruan tinggi di lingkungan Polimdo untuk mengajarkan nilai-nilai integritas dan anti korupsi bagi mahasiswa.

‘’Pendidikan anti korupsi bukan hanya terkait materi pembelajaran terhadap siswa. Tetapi juga guru, dosen, para pegawai, dan komponen lainnya. Dalam hal ini, keseluruhan tata kelola di Polimdo harus mengedepankan pencegahan korupsi,’’ tambah direktur low profile ini.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Jurusan Teknik Sipil Noldi Kondoy, Kompi Pendidikan Budaya Anti Korupsi (PBAK) JWT Lengkey, Ais Kai, Daud Kawung para dosen Polimdo dan mahasiswa. (ark/*)