Putra Gubernur Olly Ikut Menyelam di Pemecahan Rekor Dunia Selam Manado

Rekor dunia selam
Ray Dondokambey, putra pasangan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dengan Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey Tamuntuan.

MANADO, (manadotoday.co.id) – Ray Dondokambey, putra Gubernur Sulut Olly Dondokambey dengan Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey Tamuntuan, menjadi salah satu penyelam yang memecahkan rekor dunia yang dilaksanakan di Laut Kawasan Megamas Manado, Sabtu (3/8/2019) pagi.

Ray yang masih duduk di kelas III SMP ini, menyelam bersama penyelam lainnya, pada kegiatan yang dimotori Organisasi Wanita Selam Indonesia (WASI) yang diketuai istri Kapolri, Ibu. Tri Tito Karnavian.

Kegiatan itu pun berhasil pecahkan rekor dunia selam yaitu Rangkaian Penyelam Terpanjang di Bawah Air yang diikuti oleh 578 penyelam pria dan wanita.

Rekor Human Chain di Guinness World Record (GWR) sebelumnya dipegang Amerika Serikat pada 2018 dengan 386 penyelam. Tapi, dengan usaha keras Ibu. Tri sebagai Ketua Umum WASI, rekor itu dipatahkan Indonesia yang diikuti 578 penyelam.

Ibu Tri Tito Karnavian mengatakan, kalau hari ini mereka akan mencatat sejarah baru bagi Indonesia. Terlebih, sejarah pemecahan rekor dunia selam ini akan ditorehkan dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia yang akan memasuki usia ke-74 pada 17 Agustus 2019.

“Kita harus bangga jadi peserta hari ini. Satu orang hari ini adalah pelaku sejarah yang akan tercatat di dunia,” katanya.

Menurutnya Ibu Tri, acara seperti ini mungkin hanya akan terjadi satu kali seumur hidup. Selam massal sangat sulit dilakukan tanpa koordinasi yang tepat.

“Para peserta hari ini harus bangga. Sebab, masih banyak penyelam lain yang ingin berpartisipasi pada acara ini, tapi tak bisa ikut karena waktu pendaftaran sudah habis dan fasilitas tak mencukupi. Sekedar informasi, bukan hanya lokal, penyelam luar negeri turut berpartisipasi pada acara ini. Diantaranya penyelam dari Malaysia, Australia, Amerika, dan Mesir,” tutupnya. (*/ton)

Add Comment