Wabup Minahasa Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi 2019

Robby Dondokambey
Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si (RD) didampingi Assisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Minahasa DR. Sihar Wilford Siagian, MA dan Kabag Perekonomian dan SDA SetdaKab Minahasa Anneke Maindoka, S.Sos, M.Si, Kamis, 25 Juli 2019 mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2019 yang mengusung Tema Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

Rakornas Pengendalian Inflasi 2019 merupakan rakornas ke-10 yang dilakukan tim pengendali inflasi secara berturut-turut. Rakornas ini sebagai bentuk sinergi dan inovasi dalam pengendalian inflasi untuk penguatan ekonomi yang inklusif.

Rakornas ini dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla sekaligus memberikan penghargaan kepada kabupaten, kota, dan provinsi yang Tim Pengendalian Inflasi Daerah-nya (TPID) mampu menjaga inflasi. Penghargaan ini diberikan guna memotivasi pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi.

“Kalau inflasi tinggi, daya beli turun, dan kemiskinan naik. Begitu juga dengan pengangguran akan naik kalau ada masalah inflasi,” ujar Jusuf Kalla

Menurutnya, Rakornas TPID tersebut sangat penting untuk mengatur strategi agar angka inflasi bisa terjaga di level rendah. Sehingga, target inflasi pada tahun ini yakni 3,5% plus minus 1% bisa kembali tercapai.

Pemberian penghargaan pada Daerah yang berhasil menjaga Inflasi, menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk kedepannya bisa lebih berinovasi dalam adaptasi teknologi dan dengan meningkatkan kerja sama perdagangan dengan daerah lain. “Pemerintah Kabupaten Minahasa Optimis dapat turut berkontribusi untuk mengendalikan inflasi skala nasional , ” ujar Robby Dondokambey

Rakornas turut dihadiri sejumlah menteri diantaranya Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.
Selain itu, hadir Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso dan Gubernur BI Perry Warjiyo. Acara ini juga dihadiri para Kepala Daerah dari seluruh Indonesia. (rom)