ROR Rapat Bersama Sejumlah Kementrian Bahas Pariwisata dan Danau Tondano

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Janji Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi) untuk membenahi kawasan pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut), termasuk didalamnya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Minahasa, dibuktikan. Pertemuan dan pembahasan yang melibatkan lintas kementerian terkait terus dilakukan.

minahasaKali ini pertemuan berlangsung di Lumire Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (24/7). Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) hadir bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH, MSi dan Kepala Bapelitbangda Kab Minahasa Drs Donald Wagey MBA
Diketahui pertemuan ini merupakan tindaklanjut arahan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas tentang percepatan pembangunan infrastruktur untuk peningkatan Pariwisata di Sulut bersama Kemenko Bidang Maritim, Kemenko Bidang Perekonomian dan kementerian terkait, belum lama ini. Rapat terbatas kala itu ikut melibatkan Pemprov Sulut, Pemkot Manado, Pemkab Minahasa Utara dan Pemkab Minahasa.

minahasaminahasa, roy roringDalam pertemuan kali ini, Bupati ROR bahkan ikut memberikan masukan-masukan berharga. “Untuk percepatan pembangunan infrastruktur ini tentu perlu ada upaya-upaya yang nantinya akan menunjang pengembangan kawasan pariwisata di Sulut,” kata Bupati.

Di sisi lain, Bupati pun kembali menekankan pada program normalisasi Danau Tondano serta pembangunan infrastruktur penunjang lainnya, seperti jalan lingkar danau hingga pembangunan talud dan suplai air dari danau ke Kota Tondano.

roy rroring, jokowidanau tondano“Danau Tondano punya peran vital bagi daerah Minahasa dan bahkan kabupaten kota sekitarnya. Manfaatnya banyak, sebagai sumber daya pembangkit tenaga listrik, pariwisata, perikanan, pertanian, dan sebagainya. Untuk itu pembangunan danau ini perlu dilaksanankan guna mendukung pembangunan di wilayah lainnya di Sulawesi Utara,” tandas Bupati.

Diketahui, permasalahan Danau Tondano sementara di proses dalam Peraturan Presiden (Perpres) terkait Penyelamatan 15 Danau Prioritas. Dimana dalam Perpres tersebut diatur Rencana Aksi K/L penyelamatan 15 Danau di Indonesia, termasuk didalamnya Danau Tondano.
Rapat ini sendiri sangat penting karena terkait dengan arahan Presiden Jokowi untuk pembangunan di Sulut pada umumnya dan Minahasa pada khususnya. Adapun rapat ini dipimpin dan dipandu oleh Deputi Bidang Kemaritiman Sekretariat Kabinet, Ir Agustina Murbaningsih MSi, didampingi Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Bidang Maritim, Dr Ir Ridwan Djamaluddin MSc, dan Asisten Deputi Bidang Kepariwisataan, Ristek dan Lingkungan Maritim Sekretariat Kabinet, M. Arief Khumaidi SE, MH. (rom)

Add Comment