Pemkot Manado Sabet Penghargaan Kota Layak Anak, Naik Dari Pratama ke Madya

Pemkot Manado Sabet Penghargaan Kota Layak Anak, Naik Dari Pratama ke Madya
Pemkot Manado Sabet Penghargaan Kota Layak Anak, Naik Dari Pratama ke Madya

MANADO, (manadotoday.co.id) – Hasil kerja keras, kerja cerdas dan kerja nyata jajaran Pemkot Manado dibawah kepemimpinan Wali Kota G.S Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan terus mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Kali ini, Kota Manado mendapat penghargaan Kota Layak Anak (KLA).

Bahkan di tahun 2019 ini, Kota Manado berhasil naik kategori, dari Pratama menjadi Madya.

Penghargaan diberikan oleh langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Yohana Yembise kepada Wakil Wali Kota Mor Bastiaan mewakili wali kota didampingi Kepala Dinas Esther Mamangkey, di salah satu hotel di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019)

“Puji syukur kepada Tuhan, Kota Manado kembali menerima penghargaan KLA, dan tahun ini dalam Kategori Madya. Naik peringkat dari tahun lalu Kategori Pratama. Kalau tahun 2018 nilai mandiri sekitar 600, sementara tahun 2019 ini nilai mandiri mencapai 823,” ujar Wawali Mor.

Sebelumnya, Menteri Yembise mengatakan bahwa KLA merupakan sebuah sistem berbasis hak anak yang mengacu pada pelbagai peraturan perundang-undangan terkait dengan anak, termasuk konvensi hak anak.

“Sistem ini kita bangun untuk memastikan semua anak memperoleh pemenuhan haknya, dan semua anak bisa kita lindungi,” ujar Yambise.

Sekadar informasi, berdasarkan urutan penghargaan KLA dibagi dari kategori rendah sampai tinggi. dimulai dari Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA.

Penilaian KLA tahun ini diawali tahap evaluasi mandiri secara online atau mengevaluasi diri sendiri berdasarkan 24 indikator KLA dengan sekitar 430 item pertanyaan atau variabel. Evaluasi dilakukan sejak April hingga Mei 2019.(ryan)

Add Comment