Di Puncak Festival Pesona Bunaken 2019 Wagub Kandouw Pesan Ini Untuk Majukan Pariwisata Sulut

festival bunaken 2019
Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw ketika mewakili Gubernur Olly Dondokambey memberikan sambutan pada acara puncak Festival Pesona Bunaken 2019 yang digelar di Taman Nasional Bunaken.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E. Kandouw mewakili Gubernur Olly Dondokambey hadiri acara puncak Festival Pesona Bunaken 2019 yang digelar di Taman Nasional Bunaken, Jumat (19/7/2019).

Pada kesempatan itu, Kandouw mengatakan jika sinergitas dari seluruh stakeholder di pemerintah kabupaten dan kota dengan pemerintah provinsi, menjadi kunci dalam mengembangkan dan memajukan pariwisata di Sulawesi Utara.

“Pak Gubernur Olly selalu mengingatkan terkait pengembangan sektor pariwisata tentunya tanpa sinergitas dari stakeholder pemerintah kabupaten kota semua tak akan berjalan dengan maksimal. Makanya, sinergitas stakeholder pemerintah kabupaten kota sangat penting dalam memajukan sektor pariwisata yang ada di daerah bumi nyiur melambai,” ujarnya.

Lanjut Kandouw, keinginan, semangat dan tujuan dari Gubernur Sulut untuk meningkatkan pariwisata di Sulut yang dalam tiga tahun terakhir ini berjalan sangat luar biasa hingga mengalami peningkatan yang diatas rata rata nasional. Tambah Kandouw, Presiden Joko Widodo pun memberikan apresiasi kepada pariwisata Sulut dengan mengunjungi langsung dan menetapkan Sulut untuk tujuan pariwisatanya dengan kategori 4 +1 super prioritas.

“Tentunya roadmap pariwisata di Sulut sudah on the track. Secara empiris bukti buktinya bisa dibuktikan. Turis mancanegara sampai saat ini mengalami kenaikan yang luar biasa hingga 1000 persen masuk,” beber Kandouw.

Disamping itu, Kandouw berharap kegiatan seperti Festival Bunaken ini harus sering sering dilakukan termasuk oleh pemerintah kabupaten kota berusaha menciptakan momentum dalam memanfaatkan momentum.

“Pesan pak Gubernur Olly bahwa kita harus dorong pemerintah kabupaten kota agar menciptakan event untuk menarik wisatawan. Tak lupa juga saya mengingatkan agar koordinasi dan sinkronisasi itu penting dalam menggelar iven pariwisata. Karena yang menerima efeknya dan manfaatnya paling banyak adalah kabupaten kota itu sendiri,” imbuh Kandouw.

Sebelumnya Tenaga Ahli Menteri Bidang Management Calender Of Event Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Esti Reko Astuti mengatakan Festival Bunaken dapat mengangkat budaya lokal dan mengemasnya secara kreatif dan dukungan dari media untuk mempromosikan serta event ini harus memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat.

“Sulut sudah mempunyai calender of event ada 14 dan dari 14 ada 3 masuk di calender of events wonderful itu luar biasa tapi menurut pak Menteri itu masih kurang harusnya tiap Minggu ada iven supaya kunjungan dari wiisatawan terus mendapat suguhan atraksi yang menarik itu harus ada dukungan dari Kabupaten Kota,” kata Astuti.

“Karena itu Sulut beberapa bulan lalu mendapat award dari kementerian pariwisata sebagai the rising star destination. Ini karena kunjungan wisatawannya meningkat pesat,” sambungnya.

Acara Puncak Festival Bunaken 2019 turut dihadiri jajaran Forkopimda Sulut, Pimpinan BI, Wakil Bupati Bolsel serta sejumlah Pejabat Eselon II lingkup Pemprov Sulut dan stakeholder pariwisata. (ton)