Pimpin Rapat Forkopimda, Bupati Minahasa Bahas Dua Agenda Penting

Bupati Pimpin Rapat Forkopimda Bhas Dua Agenda PentingTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir Royke Roring MSi menggelar rapat bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), di Restoran MOI Tondano, Selasa (16/7/2019).

Pertemuan itu untuk membahas dua agenda penting yang akan dilakukan pekan berjalan ini. Pertama, terkait strategi pengamanan perayaan Pengucapan Syukur Minahasa dalam membendung potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta upaya mengurai kemacetan.

Menurut Bupati, Pemkab Minahasa dalam hal ini petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) akan ikut dilibatkan untuk membantu aparat kepolisian dan TNI.

“Begitu juga untuk seluruh camat, lurah dan hukum tua sudah diinstruksikan untuk mengingatkan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan, salah satunya dengan tidak mengkonsumsi minuman keras,” papar Bupati.

Untuk jalan-jalan sempit yang berpotensi mengakibatkan kemacetan, aparat kepolisian bersama pemerintah akan mengupayakan adanya penjagaan dan pengaturan lalu lintas.

“Intinya sebagai tuan rumah yang baik semua lapisan masyarakat punya tanggung jawab dalam menjaga keamanan dan kenyamanan tamu,” kata Bupati, sambil menghimbau warga untuk memaknai dan merayakan pengucapan syukur dengan tidak berlebihan.

Sementara agenda kedua yang dibahas pemerintah bersama Forkopimda yaitu terkait penanganan eceng gondok di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano. Itu menyusul terjadinya penumpukan eceng gondok di Sungai Tondano akibat terbawa tiupan angin kencang beberapa hari terakhir ini.

“Kondisi ini terjadi akibat faktor alam yang tentunya tidak bisa dibendung, tapi pemerintah dan forkopimda akan melakukan upaya-upaya pengangkatan eceng gondok di sepanjang DAS Tondano,” ujarnya.

Menurut Bupati, Pemkab Minahasa sudah membuat jadwal untuk lokasi yang jadi sasaran pembersihan, dimana ada 5 titik sepanjang DAS Tondano dan masing-masing kelompok membersihan sisi kiri dan kanan sungai.

“Untuk pelaksanaanya akan dilakukan Jumat 19 Juli nanti dengan melibatkan perangkat di kecamatan dan kelurahan sekitar serta SKPD terkait,” pungkas Bupati.

Diketahui, ada lima lokasi jalur sungai yang jadi sasaran pembersihan eceng gondok (lihat grafis).

Turut hadir dalam rapat ini Sekretaris Daerah Minahasa, Jeffry Korengkeng SH MSi Kajari Minahasa Rakhmat Budiman SH MH, Dandim Minahsa, Dandim Manado, Kapolres Minahasa, Kapolres Tomohon dan Kepala Badan kesbangpol Minahasa.

Pembagian lima titik yang jadi sasaran pembersihan eceng gondok.

1. Sepanjang jembatan Tonsea Lama hingga Jembatan Kampung Jawa, di sisi kiri dan kanan sungai masing-masing satu kelompok.

2. Sepanjang Jembatan Kampung Jawa hingga Jembatan Ranowangko, di sisi kiri dan kanan sungai masing-masing satu kelompok.

3. Jembatan Ranowangko sampai Jembatan Pasar Bawah, di sisi kiri dan kanan sungai masing-masing satu kelompok.

4. Jembatan Pasar Bawah sampai lokasi Taman God Bless Minahasa, di sisi kiri dan kanan sungai masing-masing satu kelompok.

5. Samping GPdI sampai Kelurahan Tuutu, di sisi kiri dan kanan sungai masing-masing satu kelompok. (rom)

Add Comment