Liga Desa Nusantara 2019 Kabupaten Minahasa Resmi Bergulir

Rangkuti: Desa Wajib Anggarkan Dana di APBDes untuk Pengembangan Olahraga

Liga Desa Nusantara 2019 Kabupaten Minahasa Resmi Bergulir. RangkutiSONDER, (manadotoday.co.id) – Liga Desa Nusantara 2019 Kabupaten Minahasa resmi bergulir. Kick Off di Gelora Kuntung, Desa Kolongan Sonder, dibuka secara resmi oleh Perwakilan Kementrian Desa dan PDT RI Ivan Rangkuti.

Ketua panitia Raramenusa Makagiansar dalam laporannya mengatakan, anggaran liga ini berasal dari Kementrian Desa dan PDT RI.

“Lewat kejuaraan ini kiranya Minahasa memberi sesuatu untuk sepak bola nasional, menyusul Sulut United di kompetesi Liga Nasional , ” ujar Makagiansar.

Untuk seri Kabupaten Minahasa, sesuai aturan dikuti 16 desa atau keseblasan.

“Hadir dalam kick off ini Ketua panitia nasional Muhamad Kusnaeni. Dan yang akan bertanding dipertandingan perdana saat ini keseblasan Desa Tateli 3, Kecamatan Mandolang berhadapan dengan keseblasan Desa Sawangan, Kecamatan Tombulu, ” urai Makagiansar.

Selanjutnya, Kadis Dispora Minahasa Dr Vicky Tanor saat membacakan sambutan Bupati Minahasa, mengatakan Liga Desa Nusantara merupakan program yang penting guna menjawab tantangan Presiden Jokowi untuk membangun Indonesia dari Desa. Harus ada program Desa yang di tujukan pada peningkatan sarana dan prasarana olah raga di Desa.

“Junjung tinggi nilai-nilai sportifitas, demi suksesnya kegiatan ini , ” harap Tanor.

Ivan Rangkuti yang mewakili Kementrian Desa dan PDT dalam mengatakan Liga Desa Nusantara program unggulan kementrian untuk memasyarakatkan raga dan mengolahragakan masyarakat dan menggali potensi remaja di bawah umur 19 tahun dengan menggunakan dana desa. Tujuan lainnya adalah memberdayakan masyarakat lewat sepak bola. Liga ini sudah tahun ke tiga dan diikuti ribuan desa. Untuk Sulut diwakili Minahasa, Mitra, Bolsel, dan Talaud.

“Semoga ada perwakilan dari Minahasa bisa masuk ke liga nusantara desa tingkat nasional. Bermainlah dengan penuh sportifitas dan Selamat bertanding , ” ujar Rangkuti.

Dia berharap agar setiap desa menggangarkan untuk pengembangan olahraga melalui usulan masyarakat yang di putuskan dalam musyawarah Desa.

“Guna menunjang pengembangan olahraga di desa maka haruslah dianggarkan dana yang nilainya diputuskan dalam musyawarah desa , ” tuturnya, sembari berterima kasih kepada Pemkab Minahasa yang mendukung liga ini,(rom)

Add Comment