Presiden Jokowi Undang Wali Kota Vicky Lumentut Hadiri Rapat di Istana Negara

Presiden Jokowi Undang Wali Kota Vicky Lumentut Hadiri Rapat di Istana Negara
Presiden Jokowi Undang Wali Kota Vicky Lumentut Hadiri Rapat di Istana Negara

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota Manado G.S Vicky Lumentut memenuhi undangan Presiden Jokowi untuk menghadiri rapat terbatas terkait pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Saat memimpin rapat, Jokowi bertanya kepada para menteri serta kepala daerah yang hadir tentang permasalahan yang menghambat pengembangan pembangkit listrik tenaga sampah, serta menegaskan yang menjadi masalah utama bukan persoalan listrik, melainkan bagaimana cara pengelolaan sampah.

“Belum selesai urusan sampah di darat, pemerintah harus menyelesaikan masalah sampah di laut. Ini juga menjadi masalah dunia bukan hanya kita. Dan kita ini berada pada posisi yang di nomor, mengenai sampah, nomor dua. Saya ingin betul-betul ada sebuah solusi sekarang ini,” kata Jokowi.

Sementara Wali Kota G.S Vicky Lumentut berterima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden karena begitu peduli terkait masalah sampah yang terjadi di daerah.

“Terima kasih juga kepada Bapak Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) untuk percepatan pembangunan TPA Regional dil okasi Kabupaten Minahasa Utara. Mari warga Kota Manado kita terus jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan.”ujar Wali Kota G.S Vicky Lumentut.

Rapat terbatas ini dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi M Nasir, serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Sekretaris Negara Pratikono, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Hadir juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini, Wali Kota Makassar Muhammad Iqbal Samad Suhaeb. Kemudian, Wali Kota Manado G.S Vicky Lumentut, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wakil Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Wali Kota Palembang Harnojoyo, serta Sekda DKI Saefullah.(ryan)