ODSK Dorong Inovasi Produk Turunan Kelapa

SULUT, (manadotoday.co.id) – Guna menggairahkan masyarakat petani dalam mengembangkan produk turunan kelapa, Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dibawah Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw atau OD-SK, terus mendorong pengembangan inovasi kelapa melalui pendampingan dan pelatihan terpadu.

Bersinergi dengan Pemkab Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Perindustrian (Disperin), dilaksanakan Bimtek pengembangan produk unggulan industri agro Pembuatan Minyak Goreng Kelapa dalam VCO yang digelar di Sutan Raja Hotel Kalawat.

Bimtek yang bekerjasama dengan Balai Riset dan Standardisasi Industri (BARISTAND) Manado ini memberikan pelatihan SDM, pengolahan produk minyak sesuai dengan standar mutu, kebersihan produksi, serta kemasan yang menarik.

Sebelumnya, Kabupaten Minahasa Selatan juga menjadi satu tempat berpotensi yang dipilih untuk pelaksanaan “Program Pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kelapa Terpadu”.

Acara ini dibuka oleh Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih. Selama kesempatan tersebut, juga diserahkan bantuan peralatan pembuatan minyak kelapa, peralatan pembuatan arang tempurung untuk kualitas ekspor dan peralatan untuk pendukung pengolahan kelapa berupa mesin Teknologi Tepat Guna.

Dengan kegiatan ini diharapkan Industri pengolahan Kelapa yang ada di Sulut mampu memperkuat daya saing dan struktur industri nasional sekaligus menumbuhkan populasi industri dan wirausaha baru melalui produk-produk kelapa berkualitas yang bernilai jual tinggi. (ton)