Kadis P3A Manado: Peran Lembaga Masyarakat Penting Untuk Penyelesaian Masalah Perempuan dan Anak

Kadis P3A Manado: Peran Lembaga Masyarakat Penting Untuk Penyelesaian Masalah Perempuan dan Anak
Kadis P3A Kota Manado Esther Mamangkey

MANADO, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Manado Esther Mamangkey, membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas dan Jaringan Kelembagaan Pemberdayaan Perempuan dan Anak yang dilaksanakan di Hotel Travello, Manado, Rabu (10/7/2019).

Usai membuka kegiatan, Kadis Esther juga membawakan materi Peran Kelembagaan dalam Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dalam pemaparannya, dia mengatakan ada dua prioritas program partisipasi lembaga masyarakat (LM) dalam P3A.

“Pertama Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak yang disingkat PUSPA dan Satuan Petugas Perlindungan Perempuan dan Anak atau Satgas PPA,”kata Mamangkey dihadapan lembaga pemerintah, LSM, organisasi masyarakat serta perangkat daerah terkait yang hadir sebagai peserta.

Lanjutnya mengatakan, Dinas P3A Kota Manado sedang menyiapkan organisasi terkait dua program prioritas tersebut di tahun 2019 tersebut, yaitu PUSPA dan Satgas PPA.

“Peran lembaga masyarakat ini sangat penting, karena bertujuan mewujudkan sinergitas antara pemerintah dan LM untuk percepatan pembangunan perempuan dan anak, serta mengembangkan model kemitraan yang efektif antara pemerintah dan LM dalam pemberdayaan perempuan dan anak,”kata dia.

Partisipasi lembaga masyarakat kata dia, juga memberikan dampak yang sangat positif bagi pemberdayaan perempuan dan anak.

“Bagi pemerintah daerah dalam hal ini Dinas P3A, manfaatnya dapat terbangun kemitraan untuk mempercepat penyelesaian masalah pemberdayaan perempuan dan anak, serta bagi lembaga masyarakat itu sendiri, dapat meningkatkan jejaring dan kerja sama antar berbagai lembaga masyarakat untuk pemberdayaan perempuan dan anak,”tuturnya.

Dia pun berharap, kegiatan ini dapat membangun, memperkuat sinergitas serta koordinasi dari berbagai elemen masyarakat dan Pemkot Manado dalam hal ini Dinas P3A.

“Saya harap, semua usaha kita ini dapat mewujudkan impian kita untuk menurunkan tingkat kekerasan bagi perempuan dan anak, perdagangan manusia dan kesenjangan ekonomi,”tukas Kadis P3A Kota Manado Esther Mamangkey.(ryan)

Add Comment