Pimpin Rakor, Bupati Minta Pencairan ADD, Dana Desa dan Kelurahan Dipercepat

Royke Roring
Royke Roring

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring M.Si (ROR) memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi dan Pemantapan Dana Desa (DD) Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Kelurahan serta Pemantapan Program Pemerintah.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra DR Denny Mangala, MSi, para camat, lurah dan hukum tua se-Kabupaten Minahasa.

Mengawali rapat, Bupati menyampaikan pertemuannya dengan Presiden Jokowi melaporkan program-program Kabupaten Minahasa yang telah sukses yaitu penyelenggaraan pemilu dengan aman dan terkendali, serta melaporkan situasi Danau Tondano, rumah sakit dan infrastruktur.

“Menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena saya dipanggil untuk mendampingi presiden dan gubernur untuk meninjau lokasi wisata Bunaken serta dalam rapat VIP di bandara Bupati Minahasa bersama tiga kepala daerah duduk satu meja dengan presiden, ” ujar Bupati.

Dalam rakor tersebut, Bupati mengatakan sedang mengevaluasi kinerja seluruh camat sampai pada perangkatnya.

“Saya menginstrusikan untuk percepat Dana Desa dan Dana Kelurahan, dan ditindaklanjuti pembayaran honor perangkat agar diupayakan untuk setiap bulan dan ditransfer langsung ke rekening, mengecek capaian PBB tiap kecamatan, ” kata bupati.

Dalam kesempatan ini juga, Bupati Minahasa membahas dengan instansi terkait apa yang telah disampaikan oleh para hukum tua dan lurah dalam dialog.

“Ini semua perlu ada reward dan untuk usulan – usulan nanti diupayakan di APBD. Saya berharap jika kita menata RDTR akan terus diupayakan dan akan dianggarkan pada tahun 2020. Dan pemilihan hukum tua (Pilhut) ada surat edaran dari Gubernur untuk mempercepat Pilhut agar dilaksanakan tahun ini,saat ini pemerintah berupaya untuk pembiayaannya di APBD-P tapi jika dana tidak cukup pemerintah provinsi Sulut akan memberikan dana hibah.”tuturnya.

“Pengucapan syukur kabupaten Minahasa telah ditetapkan pada tanggal 21 juli jadi dihimbau kepada seluruh camat, lurah, hukum tua menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan dan menjadi perhatian kepada kita semua untuk jalan-jalan yang sempit harus ada penjagaan dari perangkat, dinas perhubungan, sat pol pp dan pihak kepolisian untuk mengantisipasi kemacetan , ” pinta Bupati.

Diakhir rapat, Bupati menginstrusikan kepada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah untuk membentuk tiga sampai lima tim selama dua minggu untuk menyelesaikan Rekon Data agar realisasi PBB tahun ini dapat tercapai. (rom)

Add Comment