Pembangunan Infrastruktur Perintisan Jalan Kebun Jadi Prioritas Dandes Toyopon Tahun 2019

Pembangunan Infrastruktur Perintisan Jalan Kebun Jadi Prioritas Dandes Toyopon Tahun 20191AMURANG, (manadotoday.co.id) – Kebijakan Presiden Jokowidodo dan Wakil Presiden Jusuf Kala, memprogramkan bantuan Dana desa, terus memberikan manfaat positif dalam rangka menunjang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu dari sekian ratus ribu Desa di Indonesia yang terus memanfaatkan program Dandes guna kepentingan masyarakat adalah Desa Toyopon, Kecamatan Motoling Barat, Kabupaten Minahasa Selatan.

Sehubungan dengan pemanfaatan Dandes Tahun 2019, Penjabat Hukum Tua Desa Toyopon Rommy Rondonuwu, mengungkapkan bahwa pembangunan infrastruktur perintisan jalan, rabat beton, dan perkerasan jalan kebun masih menjadi skala prioritas karena terbukti dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Selain pembangunan Infrastruktur, juga ada pemberdayaan maayarakat, Bidang penyelenggaraan pemerintah dan penyertaan modal Bumdes, ebagaimana hasil musyawarah Desa yang dituangkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Toyopon Tahun Anggaran 2019,” terang Rondonuwu.

“Untuk Dana Desa tahap Satu Tahun 2019 ini, diprioritaskan untuk pembangunan jalan kebun memperlancar transportasi sehingha memudahkan masyarakat mengeluarkan hasil pertanian,” tambahnya.

Lanjut dia, bahwa besaran anggaran yang diperuntukan bagi penyertaan modal Bumdes yakni Rp 50.000.000 dibelanjakan untuk pembelian sound sistem dan sarana lainnya yang dapat menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PAD).

Pembangunan Infrastruktur Perintisan Jalan Kebun Jadi Prioritas Dandes Toyopon Tahun 2019“Saat ini Bumdes sudah ada PAD sekitar Rp 5.000.000, jelas merupakan sebuah langkah awal yang baik dan tepat, ” ucap Rondonuwu menambahkan dalam hal pengelolaan Dandes pihaknya transparansi dan akuntabel serta sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pun demikian Rondonuwu menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowido dan Wakil Presiden Jusuf Kala dengan kebijakan program Dana Desa yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Terima kasih juga untuk Bupati Christiany Eugenia Paruntu dan Wakil Bupati Frangky Donny Wongkar atas komitmennya memperhatikan kepentingan masyarakat,” tutup Rondonuwu.

Seperti diketahui total Pagu Dandes dan Alokasi dana desa (ADD) Desa Toyopon Tah8n Anggaran 2019 berjumlah Rp.1.183.095.000.(lo­u)

Add Comment